5 (Lima) Bandara Ditutup, Akibat dari Erupsi Gunung Raung

5 (Lima) Bandara Ditutup, Akibat dari Erupsi Gunung Raung

Harianlampung.co.id – Sedikitnya lima bandar udara dinyatakan ditutup akibat aktivitas vulkanik yang terjadi pada Gunung Raung di Bondowoso, Jawa Timur. Aktivitas vulkanik ini menyebabkan debu yang menyelimuti ke lima bandara sehingga tidak dapat beroprasi secara normal. Penutupan berlaku pada Jumat, 10 Juli 2015.

Kelima bandar udara yang ditutup tersebut adalah Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali; Bandara Internasional Lombok; Bandara Selaparang, Lombok; Bandara Blimbingsari, Banyuwangi; dan Bandara Notohadinegoro, Jember.

“Penutupan tersebut berdasarkan lima NOTAM (Notice to Airmen) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara,” kata juru bicara Kementerian Perhubungan J.A Barata dalam keterangan pers yang diterima pada Jumat dini hari.

Dalam kelima NOTAM itu, untuk jarak waktu pentupuan antara bandara satu dengan yang lainnya tidak sama. Misalkan Bandara Ngurah Rai dinyatakan tutup hingga pukul 06.30 WITA. Pada Bandara Internasional Lombok ditutup hingga pukul 05.30 WITA. Bandara Selaparang, Lombok ditutup hingga pukul 09.00 WITA. Sementara Bandara Blimbingsari, Banyuwangi dan Bandara Notohadinegoro, Jember ditutup hingga pukul 12.00 WIB dan 08.00.

Abu vulkanik yang dilontarkan Gunung Raung, telah sedikitnya mengganggu delapan jalur penerbangan domestik serta satu jalur penerbangan internasional.

Seperti yang dilansir Nasional Tempo, Barata mengatakan NOTAM penutupan bandara-bandara ini akan terus diperbaharui. “Menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan penyebaran debu vulkanik terkait aktivitas Gunung Raung.”

Baca juga :

Ini Dia, Video Kedasyatan Letusan & Erupsi Gunung Raung


Nuri Agustina on facebook
Nuri Agustina
Berawal dari banyaknya isu rasis yang berkembang dan saya alami dibangku sekolah, tentunya bayang-bayang akan perpecahan dikalangan masyarakat tanah air yang nota bene memiliki banyak sekali suku dan budaya seringkali menganggu jalan fikiran, hal tersebut yang mendorong saya untuk terus berkarya di kategori Nasional dengan harapan tak ada lagi isu seperti itu dan kembali membangkitkan semangat Nasionalisme.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *