7 Khasiat dan Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan. Pada kenyataanya tubuh kita memang memerlukan asupan kandungan nutrisi vitamin yang besar agar mampu menjaga tubuh tetap sehat dan beraktivitas optimal ditengah pola hidup yang semakin jauh dari kata sehat, meskipun demikian buah melon konon menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh baik sudah teruji maupun hanya sekedar mitos belaka, lantas benarkah?

Buah melon memang masih memiliki kerabat dengan buah semangka, mentimun, dan labu dan manfaat dari buah tersebut juga hampirlah sama dengan kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda meski memiliki perbedaan dibagian kadar kandungan nutrisinya semata.

Manfaat buah melon yang begitu besar memang sangat menguntungkan bagi tubuh yang haus akan sumber nutrisi vitamin. Tak heran jika buah yang memiliki nama latin (curcumis melo) menjadi salah satu buah favorit tak hanya bagi masyarakat tanah air namun juga hampir masyrakat di seluruh dunia.

Menurut beberapa informasi yang beredar khasiat manfaat buah melon memang begitu banyak, namun ada salah satu manfaat yang begitu besar dan begitu vital bagi kesehatan tubuh yakni buah melon mampu menjadi tameng bagi tubuh kita dari serangan penyakit mematikan apalagi kalo bukan penyakit kanker.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor dimana buah ini sangat diminati bahkan buah favorit bagi masyarakat seluruh dunia, terlebih kandungan air dari buah melon sangatlah melimpah seperti keluarga lainnya semangka, mentimun, dll.

Lantas apa saja kandungan nutrisi serta manfaat buah melon lainnya?

Menurut studi yang telah dilakukan oleh banyak peneliti yang menemukan banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada buah melon diantaranya vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh salah satu alat indra kita yakni mata, vitamin c sebagai salah satu nutrisi penting guna meningkatkan daya tahan tubuh, zat antioksidan, kaya akan kandungan kalium dan likopen.

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh

7 Khasiat dan Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Salah satu manfaat terbesar dari buah melon yakni mampu mencegah dan membasi penyakit kanker karena banyaknya kandungan nutrisi dan zat antioksidan serta kandungan KAROTENOID yang merupakan salah satu pigmen warna dengan kemampuan mencegah serangan kanker dan paru-paru.

1. Mampu Mencegah Serangan Jantung

Bauh melon memang telah dipercaya sejak dahulu sebagai buah ajaib, hal tersebut dikarenakan manfaat buah melon yang mampu membasmi penyakit mematikan seperti jantung maupun paru-paru. Hal tersebut didukung dengan beberapa study yang menemukan beberapa kandungan adenosime yang mampu menghambat dan menghancurkan pembekuan darah sebagai tanda-tanda dari penyakit jantung dan stroke.

2. Mampu Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang telah ditulis sebelumnya mengenai manfaat buah melon yang mampu membasmi penyakit kanker, buah ini memang memiliki kemampuan dalam membasmi penyakit berat karena kandungan KAROTENOID yang menjadi pencegahan dengan salah satu fungisnya perubah pigmen warna.

3. Mampu Menjaga Kesahatan Mata

Kandungan vitamin A yang melimpah membuat buah melon sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, bahkan kandungan vitamin a pada buah melon hampir mencapai sekitar 30% dari total nutrisi yang terkandung didalamnya.

4. Mampu Menyehatkan Kulit

Manfaat buah melon lainnya adalah kemampuannya dalam merawat kulit manusia, hal ini dikarenakan kandungan kolagen yang tersimpan di buah yang masih dalam satu keluarga dengan buah semangkan dan mentimun. Kolagen juga memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Sering makan melon akan membuat kulit tampak halus dan tidak kering.

5. Mampu Membantu Memperlancar Organ Pencernaan.

Kandungan air dan serat yang cukup tinggi di dalam buah melon akan menyehatkan organ pencernaan serta akan menghindarkan dari sembelit atau gejala buang air besar yang sulit.

6. Pencegah Stroke Yang Cukup Efektif.

Kandugan adenosin dalam buah melon dapat membantu mengatasi dan bahkan menghentikan penggumpalan pada sel – sel darah yang merupakan penyebab awal dari gejala stroke tersebut.

Baca Juga, Manfaat Buah Nanas


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *