7 Khasiat dan Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – 7 Khasiat Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan. Oyong atau gambas mungkin saat ini sudah jarang ditemui, padahal tanaman yang memiliki nama latin “Luffa Acutangula” memiliki kandungan gizi dan kaya akan serat dan tentunya banyak sekali manfaat yang tersimpan dibuah maupun sayuran ini.

Mungkin bagi anda yang saat ini tinggal di perdesaan masing sering menemui bahkan menyantap sayuran dari buah oyong ini, pasalnya buah ini biasanya menjadi salah satu bahan dalam membaut sayur bening atau sop yang memang kaya akan nilai gizi.

Bahkan orang tua dahulu mengkonsumsi buah oyong sebagai alternatif utama dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti menurunkan panas maupun demam, hal inipun turut teruji dari hasil penelitian yang dilakukan oleh banyak sekali peneliti yang menemukan kandungan maupun zat yang mampu menurunkan panas dalam didalam tubuh.

Buah oyong memang masih banyak ditemui didaerah pedesaan yang memang mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani, dan bahkan buah ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai salah satu sayuran namun sebenarnya buah ini mampu menyediakan kebutuhan akan vitamain dan nutrisi bagi tubuh kita karena memang banyak sekali kandungannya.

Beberapa senyawa kimi yang sangat bermanfat bagi kesehatan tubuh rupanya juga turut melengkapi kandungan nutrisi dari buah oyong atau yang biasa dikenal dengan gambas ini yang ternyata masih satu famili dengan keluarga labu-labuan.

7 Khasiat Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Oyong

Seperti yang telah dicuplik pada tulisan diatas seputar kandungan yang terdapat dalam buah oyong, berdasarkan beberapa study yang telah dilakukan buah ini terbukti memiliki banyak sekali nutrisi, berikut beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, oyong terbukti kaya akan serat, vitamin A, B, C, mineral, serta beberapa senyawa kimia yang turut berguna seperti saponin triterpen, luffein, citruline, cucurbitacin dan sebagainya. Kandungan kalorinya juga rendah, rata-rata hanya 19 kalori per 100 gram, karena mengandung banyak air.

Manfaat Buah Oyong

Dari banyaknya kandungan yang ada didalam buah oyong tak heran dan sudah pasti buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia, Berikut beberapa Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang bersumber dari IndoNews.co.id

  • Buah Oyong Untuk Penyakit Asma

Ambil Oyong yang muda berserta tangkainya dan buatlah jus.Dan minumlah jus oyong ini 2 kali sehari secara teratur.

  • Buah Oyong Bisa Melancarkan Peredaran Darah

Ambil oyong 250 gram dan jamur kuping hitam 20 gram, masaklah sesuai selera dan masakan tersebut berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

  • Buah Oyong Bisa Memperbanyak Asi

Oyong sangat baik bagi ibu-ibu menyusui karenadapat memperbanyak ASI.Caranya setiap 6 gram bubuk oyong, dengan ½ gelas air panas, diminum 1-2 kali dalam sehari.

  • Buah Oyong Untuk Penyakit Radang Usus

Caranya: ambil oyong  yang sudah tua secukupnya. Pangganglah Oyong hingga kering dan tumbuklah hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh dengan air panas ½ gelas dan minumlah 1-2 kali dalam sehari.

  • Buah Oyong Untuk Penyakit Radang Kelenjar Telinga

Ambil oyong 500 gram dipotong kecil-kecil dan sambiloto 50 gram, rebuslah kedua bahan ini dengan air 2 liter, biarkan hingga air rebusan tersisa 500 cc, dan minumlah 2-3 kali dalam sehari.

  • Biji Oyong Untuk Penyakit Cacingan

Biji oyong hitam 30 gram untuk anak-anak dan 40-50 gram untuk orang dewasa ditumbuk halus.seduhlah bubuk itu dengan air panas secukupnya.Minumlah 1 kali dalam sehari.

  • Buah Oyong Untuk Penyakit Radang Tenggorokan

Ambillah satu buah oyong yang masih muda dan buatlah jus lalu tambahkan juga Gulabatu yang telah dicairkan. Penggunaanya: minumlah 2-3 kali dalam sehari secara teratur.

Semoga Bermanfaat


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *