7 Khasiat dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan. Tentunya Snake Fruit atau buah bersisik seperti ular merupakan salah satu sebutan dari orang Barat untuk buah yang tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia. Tentunya masyarakat tanah air sudah mengenal buah salak sebagai salah satu buah favorit bagi masyarakat kalangan menengah kebawah terlebih karena harganya yang cukup terjangkau.

Buah salak rupanya tak hanya terkenal dan digemari oleh masyarakat tanah air, namun rupanya masyarakat Eropa dan Amerika juga turut menyukai buah yang terkenal kaya akan serat dan seribu khasiat manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Di Indonesia sendiri buah salak memiliki beberapa varietas seperti halnya salak pondoh, salak bali, dan salak condet, namun kesemua jenis salah tersebut juga memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan tubuh manusia karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti jenis buah pada umumnya.

Manfaat buah salak memang tak terlepas dari kandungan nutrisi didalamnya, bahkan tak jarang buah ini dijadikan salah satu penyokong program diet bagi para kaum hawa karena memang kandungan serat yang tinggi.

Berbicara rasa, buah salak memang memiliki banyak rasa karena disesuaikan dengan jenis varietasnya namun sebagai ciri khas hampir semua buah salak memiliki rasa asam dan manis baik salak pondoh, bali maupun salak lainnya.

Khasiat dan Manfaat buah salak rupanya sudah dikenal sejak dahulu oleh nenek moyang kita, bahkan salak menjadi salah satu jamuan cuci mulut bagi para petinggi raja. Ya buah salak memang tak hanya buah biasa namun juga memiliki kemampuan dalam menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Nah bagi anda yang mungkin penasaran dengan manfaat buah salak serta kandungan nutrisi yang ada didalamnya, mungkin informasi dibawah ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk anda, silahkan disimak.

Khasiat dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Salak

Berdasarkan beberapa study yang melakukan penelitian mengenai kandungan yang ada pada buah salak menemukan beberapa unsur penting yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan konon setiap 100 gram buah salak mengandung 368 kilokalori yang sangat berguna bagi cadangan energi tubuh kita, 0,8 gram protein, 90,3 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak, 38 miligram kalsium, Fosfor, Zat Besi serta kaya akan kandungan Vitamin C.

Maka tak heran jik apara kaum hawa yang tengah melakukan program diet lebih memilih buah salak ketimbang buah lain karena memang kandungan serta serta mengandung Vitamin C yang sudah pasti ada disetiap buah.

Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Dilihat dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada buah salak hal tersebut menunjukkan jika buah ini memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Tau kah anda jika buah salah ternyata juga turut mampu dalam menjaga kesehatan mata, hal tersebut turut diungkapkan karena terbukti mengandung betakarotin yang sejatinya sangat bagus bagi kesehatan pancaindra kita. Bahkan buah salak menempati urutan ketiga setelah buah wortel dan pisang dalam hal menjaga kesehatan mata.

Mampu Mengobati Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan memang selalu identik dengan makanan berserat, ya ketika kita mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar serat kurang maka kesehatan pencernaan pasti juga akan semakin menurun. Nah buah salak dengan kulit arinya merupakan serat yang sangat bagus guna mengatasi beberapa permasalahan seputar pencernaan.

Mampu Meningkakan Kecerdasan Otak

Baru-baru ini sebuah penelitian yang didukung sebuah jurnal yang berjudul “Intregative Center Therapies” mengungkapkan manfaat buah salak yang konon dapat meningkatkan kecerdasan otak si anak. Hal tersebut lebih dikarenakan buah salak memiliki kandungan pottasium dan pektin yang mampu meningkatkan fungsi kerja otak dan jantung kita.

Membantu program Diet

Seperti yang telah diulas di artikel diatas, buah salak menjadi buah favorit bagi kaum hawa terlebih yang tengah melakukan program diet. Hal tersebut lebih dikarenakan banyaknya serat dan fitonutrien yang membuat kita selalu merasa kenyang.

Nah demikain beberapa uraian seputar 7 khasiat dan manfaat buah salah bagi kesehatan tubuh, bagi anda yang ingin mengetahui manfaat buah yang lainnya silahkan kunjungi selalu HarianLampung.co.id di kanal kesehatan.

Sebagai referensi mungkin buah mengkudu juga dapat menjadi salah satu alternatif utama untuk mengatasi beberapa masalah dalam pencernaan, nah untuk itu silahkan disimak langsung disini.


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *