7 Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan. Pernah dengar buah sawo manila?, pastinya masyarakat tanah air sudah tak asing lagi dengan buah yang satu ini. Ya buah yang asli berasal dari Guaetamala dan Meksiko ini memang memiliki rasa dan aroma yang harum dan tentunya sangat menggiurkan, tak heran buah ini merupakan salah satu buah yang paling diminati oleh berbagai kalangan.

Sebenarnya buah sawo memiliki dua jenis, yang pertama ada sawo manila dimana buah ini tumbuh subur didataran Filipina yang dibawa oleh para penjajah Spanyol sedang yang kedua adalah sawo coklat atau yang saat ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat tanah air.

Tanaman sawo merupakan jenis tanaman yang memiliki umur panjang dan cendrung kuat alias kokoh serta batas tinggi yang mampu mencapai 30-40 meter. Melihat sisi warna memang sekilas buah ini kurang menarik minat, namun ketika kita mencicipi rasanya seakan ketagihan karena tekstur lembut dari daging yang tentunya kaya akan serat dan rasa manis yang begitu menggoda dilidah.

Tak hanya memiliki rasa dan aroma yang harum, buah yang memiliki nama latin “Manilkara Zalpota” ini rupanya juga menyuguhkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hal tersebut memang tak terlepas dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada di buah sawo tersebut.

Disaat cuacan panas dengan terik matahari yang menyengat, buah sawo seakan mampu mengobati rasa dahaga kita karena memang memiliki kandungan air yang sangat melimpah, meskipun tak seperti buah dari keluarga mentimun pada umumnya namun tentunya cukup membantu dalam menghilangkan dahaga.

Beberapa khasiat dan manfaat buah sawo juga rupanya telah diketahui banyak masyarakat dibelahan dunia, hal tersebut juga tak terlepas dari banyaknya study yang meneliti kandungan dari buah sawo serta beberapa manfaatnya. Nah bagi anda yang penasaran dengan manfaat buah sawo, silahkan disimak informasi dibawah ini.

Khasiat Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

7 Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Sawo

Berdasarkan informasi yang dihimpun HarianLampung.co.id dari Sumber informasi Gizi Kemetrian Kesehatan RI yang merilis banyaknya kandungan nutrisi yang ada dibuah sawo yang meliputi, Protein, Energi, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B1 dan tak terketinggalan Vitamin C.

Manfat Buah Sawo

Berdasarkan kandungan nutrisi diatas, sudah pasti tentu jika buah sawo memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A yang ada dalam buah sawo memang sangat bermafnaat bagi kesehaan mata, bahkan salah satunya juga mampu melindungi retina dari kerusakan.

Mampu Menjadi Sumber Energi

Adanya kandungan energi yang terbilang cukup didalam buah sawo menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi sebagai cadangan energi. Namun sebagai catatan buah ini terkenal dengan kandungan gula yang sangat tinggi sehingga untuk penderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sawo.

Mampu Mencegah Penuaan Dini

Salah satu keampuhan buah sawo adalah kemampuannya dalam membuat kita tetap awet mudah alias menghambat penuaan dini. Hal ini lebih dikarenakan kandungan antioksidan yang begitu tinggi sehingga mampu menangkap radikal bebas yang dapat menjadi penyebab dari penuaan dini akibat rusaknya sel-sel kulit.

Mampu Mencegah Anemia

Bagi anda yang tengah memiliki problem kesehatan kekurangan darah (Anemia), buah sawo merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita karena terbukti mengandung zat besi, fosfor, folat serta kandungan nutrisi lainnya yang dapat membantu dalam meningkatkan produksi sel darah merah.

Mampu Mengobat Batuk dan Pilek

Siapa sangka jika manfaat buah sawo rupanya juga turut mampu dalam meredakn flue yang disertai batuk, sebuah zat yang memiliki sifat espektoran rupanya terkandung didalam buah sawo tersebut. Hal ini tentu sangat berguna untuk melancarkan sirkulasi udara dan penyumbatan dari lendiri yang ada di dahak.

Mampu Mencegah Kanker Usus

Buah Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu buah ini baik untuk pencernaan di dalam usus. Karena mampu menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kaker di dalam usus.

Mampu Mengobati Infeksi

Sawo mempunyai vitamin C dan A yang cukup baik. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Sedangkan Vitamin C memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan penceegahan infeksi.

Nah demikian pemaparan seputar 7 khasiat dan manfaat buah sawo yang berguna sebagai salah satu referensi anda. Sawo saat ini memang sedikit susah, hal tersebut lebih dikarekanan mahalnya buah tersebut dan perawatan yang sedikit rumit serta lingkungan yang sudah berubah.

Meskipun demikian anda dapat membaca artikel seputar khasia dan manfaat lainnya hanya di HarianLampung, dan bagi anda yang tertarik dengan artikel lainnya silahkan disimak dibawa ini

Manfaat Buah Salak


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *