Anggaran Rp 36 Miliar dipersiapkan Kemenhub untuk Mudik Gratis

Anggaran Rp 36 Miliar dipersiapkan Kemenhub untuk Mudik Gratis

Harianlampung.co.id – Bagi Anda yang ingin melakukan mudik, jangan kawatir, karena Kementerian Perhubunggan telah menganggarkan Rp 36 miliar yang didapat dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2015 untuk mensukseskan program mudik gratis kelima pada Lebaran 2015.

“Kegiatan mudik gratis bagi pesepeda motor yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan tahun ini dianggarkan oleh APBN sebesar Rp 36 miliar,” kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat sambutan apel siaga dan pembukaan pos koordinasi (Posko) Lebaran 2015 di halaman Kemenhub, Jakarta, Kamis (2/7/2015), seperti dikutip Antara.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Karena, saat mudik korban kecelakaan tertinggi dijalan raya selama ini adalah para pengendara sepeda motor.

Sejak pertama kali pendaftaran online dibuka pada 1 Juni hingga 20 Juni, serta pendaftaran offline pada 15 Juni sampai 1 Juli, tercatat telah terdaftar lebih dari 20.000 sepeda motor. Yakni diantaranya yang diangkut dengan truk 3.100 unit sepeda motor, lalu kereta api 9.000 unit sepeda motor serta kapal laut sebanyak 10.000 unit sepeda motor.

“Kegiatan mudik gratis ini telah disosialisasikan dengan gencar melalui berbagai media massa cetak dan elektronik serta media sosial Kemenhub151 sejak sebulan lalu,” kata Jonan.

Seperti pada tahun sebelumnya, yang menjadi fokus Kemenhub adalah para pemudik yang mengendarai sepeda motor. Dan diperkirakan pemudik yang mengendarai sepeda motor akan mencapai dua juta lebih.

“Untuk itu, saya minta semua pihak bekerjasama dalam upaya menekan angka kecelakaan di jalan raya sambil terus mengingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor pada saat mudik. Saya berharap jumlah kecelakaan yang fatal di jalan raya pada tahun ini dapat berkurang,” katanya.

Untuk mudik gratis ini, Kemenhub telah menyediakan kuota hingga 6.440 untuk penumpang menggunakan bus serta 2.880 untuk sepeda motor yang diangguk truk. Lalu untuk arus 400 sepeda motor diangkut truk, dan 920 penumpang melalui bus.

Kota-kota yang dituju dalam program tersebut, di antaranya Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo, Wonogiri dan Tegal.


Nuri Agustina on facebook
Nuri Agustina
Berawal dari banyaknya isu rasis yang berkembang dan saya alami dibangku sekolah, tentunya bayang-bayang akan perpecahan dikalangan masyarakat tanah air yang nota bene memiliki banyak sekali suku dan budaya seringkali menganggu jalan fikiran, hal tersebut yang mendorong saya untuk terus berkarya di kategori Nasional dengan harapan tak ada lagi isu seperti itu dan kembali membangkitkan semangat Nasionalisme.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *