Batu Kalimaya Hitam (Black Opal), Populer Hingga Manca Negara
Batu Kalimaya Black Opal

Batu Kalimaya Hitam (Black Opal), Populer Hingga Manca Negara

Harianlampung.co.id – Batu Akik Kalimaya, adalah batu dengan sisi unik yang bisa dibilang sangat unik, betapa tidak, batu ini memiliki beragam warna yang ada didalam bongkahan batunya, terlebih lagi jika disorot dengan cahaya, maka kelap-kelip warna akan nampak jelas pada batu ini.

Di Indonesia sendiri, batu kalimaya black opal dapat ditemukan dibeberapa daerah, yaitu di beberapa kecamatan di Kabupaten Lebak, Mulai dari Kecamatan Maja, Cimarga, Curugbitung, Sajira, Muncang dan Cipanas.

Tak hanya di Indonesia, batu kalimaya black opal juga banyak peminatnya dari negara-negara luar, seperti Israel, Mesir, Pakistan dan masih banyak lagi.

Untuk masalah harga, batu ini dihargai dengan harga yang cukup mahal yaitu antara $700 – $1700 dolar atau setara dengan Rp 8.000.000 ~ 20.000.000 an per butir batu kalimaya yang sudah diolah.

Tetapi sayangnya, batu ini tergolong langka, karena pemerintah setempat banyak yang menutup areal penambangan dengan alasan kelestarian alam, sehingga tidak banyak kita temui penambang batu kalimaya didaerah-daerah seperti Desa Pajagan Kec. Sajira Kab. Lebak, yang resmi ditutup oleh Dinas Kehutanan.


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *