Begini Cara Membuktikan Pembalut Berbahaya atau Tidak

Begini Cara Membuktikan Pembalut Berbahaya atau Tidak

Harianlampung.co.id – Pembalut berbahya yang mengandung zat klorin atau sering disebut dengan zat pemutih, dapat memicu kanker. Pembalut ini banyak beredar di pasaran seperti yang diungkapkan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terkait dengan penelitiannya.

Baca : Hati-hati Pembalut Berbahaya Banyak Beredar di Pasaran

Untuk anda yang masih bingun mana pembalut yang berbahaya dan mana yang tidak, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuktikannya, penasaran? berikut beberapa tesnya.

Tes Pertama

1. Suntikkan sekitar 35 – 50 ml/cc air pada bagian permukaan pembalut (air sebagai zat cair pengganti darah).

2. Kemudian diamkan terlebih dahulu beberapa saat, lalu tekan selembar tisu yang ditaruh pada permukaan pembalut tersebut.

Ini adalah posisi saat wanita duduk, ada tekanan pada pembalut.

3. Apa yang terlihat? Apakah tisu basah? Kalau tisu basah, ini menandakan daya serap pada pembalut kurang baik.
Jika seperti ini apakah nyaman jika pembalut yang anda gunakan dalam kondisi basah? terlebih lagi jika dalam jangka waktu yang lama, tentu kurang baik untuk kesehatan.

Tes Kedua untuk membuktikan Zat Pemutih

1. Siapkan sekitar ½ (setengah) gelas air jernih, usahakan gunakan gelas yang  transparan agar bisa melihat proses yang terjadi lalu sediakan juga alat pengaduk (contoh: sumpit)

2. Kemudian anda dapat menyobek bagian inti pembalut yang ada pada bagian dalam (bahan penterap, kapas ). Setelah mendapatkannya, masukan ke dalam gelas yang berisi air tadi, kemudian aduk.

3. Amati, apa yang terjadi, apakah bagian inti tersebut hancur seperti pul pertas dan air berubah warna menjadi keruh? jika ya, maka dapat di indikasikan pembalut tersebut mengandung bahan yang berbahaya yakni zat pemutih atau klorin, dan memiliki kualitas rendah.

Baca Juga :

Zat dalam Pembalut Berbahaya dapat Sebabkan Kanker


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *