Biaya Haji Turun Hingga 6 Jutaan
Biaya Haji Turun Hingga 6 Jutaan

Biaya Haji Turun Hingga 6 Jutaan

Harianlampung.co.id – Biaya haji untuk tahun 2015 bisa dipastikan turun sebanya USD 502 atau berkisar 6 jutaan dari tahun sebelumnya.┬áMenteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin memastikan hal tersebut dan pihaknya sudah sepakat dengan DPR RI untuk biaya hasi sudah ditetapkan kisaran ISD 2,717.

“Alhamdulillah biaya haji bisa turun sekitar USD 502. Bisa disepakati dengan DPR RI, menjadi kisaran USD 2.717,” kata Lukman Hakim Syaifudin di Masjid Jamik Kota Malang, Jumat (24/4).

Pada tahun 2014 biaya haji di Indonesia sebesar USD 3.219 dan untuk tahun 2015 saat ini menjadi USD 2.717, dan jamaah asal Malang sendiri kisaran antara 1300 – 1400 jamaah.

Menteri Lukman mengonfirmasikan hal ini usai salat jumat di Masjid Jamik Malang. Kepada masyarakat ia menyampaikan seputar beberapa program atau rencana program haji yang akan datang. Ia juga mengatakan sedang menunggu penetapan kurs resmi yang akan digunakan.

“Minggu depan mudah-mudahan bisa ditetapkan oleh Presiden dan segera dibuka pelunasan untuk jamaah yang akan berangkat,” katanya.

Pemerintah, kata Lukman, selalu mengumumkan biaya haji dalam bentuk dolar, karena biaya selalu ditasarufkan dalam bentuk dolar. Biaya-biaya yang dibayar hampir semua menggunakan dolar.

“Semua transaksi dengan menggunakan dolar, antara USD 100 sampai USD 200 untuk biaya kegiatan di Tanah Air,” katanya.

Lukman berharap nilai kurs rupiah akan terus menguat sehingga nilai penetapan kursnya lebih kecil. “Mudah-mudahan nilai tukar rupiah akan menguat. Dulu nilai tukar rupiah Rp 10.500, sekarang Rp 12.500,” katanya.(merdeka)


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *