Cara Memproyeksikan Gerhana Matahari Yang Aman
Cara Memproyeksikan Gerhana Matahari Yang Aman

Cara Memproyeksikan Gerhana Matahari Yang Aman

Haraianlampung.co.id – Cara Memproyeksikan Gerhana Matahari Yang Aman. Kabar terbaru mulai terjadi yaitu fenomena mengenai gerhana matahari yang menurut kabar terjadi hari ini. Hal mengenai gerhana matahari yang sangat fenomenal ini sangatlah diminati para masyarakat diseluruh Negara untuk melihatnya.

Memang saat terjadinya gerhana matahari ini seluruh masyarakat berbondong – bondong ingin keluar rumah untuk melihatnya, namun apakah kamu tahu bagaimana bahayanya melihat gerhana matahari tersebut secara langsung? dan bagaimana bila kamu terkena langusung radiasi sinar gerhana matahari.

Informasi yang didapat bahaya terkontaminasi radiasi gerhana matahari adalah bisa menyebabkan terjadinya kebutaan pada mata kita atau juga bisa menyebabkan mata kita tergaggu pengelihatannya, dikarenakan mata tidak memiliki pengeamanan yang khusus untuk melihat gerhana matahari. Berikut cara memproyeksi bila ingin melihat gerhana matahari seperti yang dilansir melalui Okezone.com;

Teropong atau Teleskop
Para ilmuwan antariksa NASA mengabarkan bahwa teropong atau teleskop, adalah alat yang paling tepat dan aman untuk melihat gerhana Matahari secara sempurna. Hanya sayangnya, perangkat ini membutuhkan dataran tinggi dan tanpa halangan untuk melihat aktivitas gerhana tersebut.

Bejana Air
Jika teleskop terlalu mahal dan sulit didapatkan, pengguna bisa mengakalinya dengan melihat pancaran atau kejadian gerhana Matahari langsung dengan metode pantulan. Cara yang paling sederhana dilakukan adalah dengan melihat pantulan gerhana pada sebuah bejana air, sehingga pantulan kejadian gerhana bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang.

Lubang Jarum
Seperti halnya metode pantulan, cara sederhana dan aman yang bisa digunakan oleh orang untuk melihat gerhana Matahari adalah dengan memproyeksikannya pada sebuah lubang jarum. Proyeksikan pancaran gerhana Matahari pada lubang jarum, melalui sebuah mediasi kertas atau alat lainnya sehingga sebuah pantulan gerhana Matahari bisa terlihat dengan aman. Caranya ambilah sebuah kardus kosong, seperti kotak sepatu. Buat sebuah lubang pada kotak sebesar 2 sentimeter dengan pisau atau gunting, kemudian tutup dengan selembar kertas foil atau alumunium.

Kacamata Hitam
Tak semua jenis kacamata bisa digunakan untuk melihat langsung gerhana Matahari, ada sebagian kacamata yang dibuat khusus untuk melihat pancaran tersebut. Kacamata hitam pun demikian, maka untuk lebih amannya, pastikan pengguna memiliki kacamata yang memang direkomendasikan oleh toko atau dokter dapat digunakan untuk melihat kejadian gerhana Matahari.


Activian Grapiter on facebook
Activian Grapiter
Sebagai seorang penggiat seni tentunya dituntun memiliki gaya berfikir luas dan terbuka, hal tersebut coba saya aplikasikan kedalam hidup dimana kemandirian dari seorang penggiat seni juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan bukan hanya dari sisi kesenian, hal tersebut yang membuat saya tertarik untuk terus berinovasi bersama ide yang saya miliki untuk mengembangkan dalam dunia sastra khususnya menulis.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *