Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tidak Pahit
Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Harianlampung.co.id – Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tidak Pahit. Manfaat yang kita tahu daun pepaya adalah sangat menyehatkan sekali. Apalagi kalau kita mau memanfaatkannya dan mengkosumsinya pasti kita akan selalu terjaga kesehatan kita. Memang daun pepaya yang kita tahu terasa pahit bila kita mengkonsumsinya.

Akan tetapi bila kita mengolahnya dengan baik dan benar pahit dari daun pepaya tersebut dapat hilang kemudian kita dapat mengkonsumsinya dengan mudah. Dalam daun pepaya yang kita olah dengan sederhana tersebut, maka kita akan bisa menghilangkan rasa pahit dalam daun pepaya tersebut.

Dilingkungan Sekitar kita sangat mudah untuk menemukannya, bahkan resep sederhana ini bisa kita buat bersama dengan keluarga atau dengan tetangga sekitar kita, untuk menghilangkan pahitnya daun pepaya ini. Berikut yang dilansir melalui sharingdisini.com;

  1. Tanah Liat: Cara ini adalah cara konvesional yang umum dilakukan ibu-ibu sejak jaman dahulu. Caranya dengan mencampur rebusan daun pepaya bersama tanah liat yang dapat peroleh dari tegalan atau kebun. Setelah empuk, cuci kembali daun pepaya tersebut hingga bersih dan sisa-sisa tanah liat hilang.
  2. Daun Jambu Biji: Siapkan beberapa lembar daun jambu biji, rebus bersama daun pepaya hingga mendidih. Tiriskan dan ulangi rebusan sekali lagi. Meski kurang praktis, cara ini dapat mengurangi rasa pahit pada daun pepaya.
  3. Daun Jambu Mete: Caranya dengan mencampur dan merebus kedua jenis daun tersebut secara bersamaan. Tunggu sampai mendidih, lalu tiriskan, dan pisahkan kedua daun tersebut.
  4. Daun Singkong: Caranya campur daun pepaya dan daun singkong. Direbus bersama sampai mendidih. Tiriskan dan pisahkan antara daun pepaya dan daun singkong. Namun, ada juga yang mengonsumsinya bersamaan, yakni dengan tanpa dipisahkan/membiarkan daun singkong menyatu dengan daun pepaya. Rasanya pun unik, gabungan antara daun pepaya yang tekstur seratnya lebih kasar, dan daun singkong tekstur seratnya lebih lembut.
  5. Garam Kasar: Ambil segenggam garam kasar, remas -remas daun pepaya hingga layu bersama air garam. Lalu cuci bersih daun pepaya yang akan diolah. Rebus hingga mendidih dan tiriskan, maka Sista akan memperoleh daun pepaya yang berkurang rasa pahitnya. Cara ini sama halnya untuk menghilangkan pahit pada pare.
  6. Meremas dan Mencuci Ulang: Cara lain yang lebih praktis yaitu dengan remas-remas daun pepaya hingga getahnya keluar. Setelah itu, siram dengan air kran (air mengalir kecil) sambil terus diremas hingga air remasannya tidak berwarna hijau lagi, dan daun menjadi layu. Daun pepaya pun siap untuk diolah menjadi masakan favorit.


Activian Grapiter on facebook
Activian Grapiter
Sebagai seorang penggiat seni tentunya dituntun memiliki gaya berfikir luas dan terbuka, hal tersebut coba saya aplikasikan kedalam hidup dimana kemandirian dari seorang penggiat seni juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan bukan hanya dari sisi kesenian, hal tersebut yang membuat saya tertarik untuk terus berinovasi bersama ide yang saya miliki untuk mengembangkan dalam dunia sastra khususnya menulis.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *