Cukai Rokok Bisa Disalurkan untuk BPJS Kesehatan
Cukai Rokok

Cukai Rokok Bisa Disalurkan untuk BPJS Kesehatan

Harianlampung.co.id – Selama ini kita ketahui, Cukai Rokok masuk terlebih dahulu ke APBN. Tetapi Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menyarankan agar pemerintah bisa menaikkan cukai rokok, lalu kemudian dana tersebut bisa disalurkan atau didonasikan untuk mengurangi beban masyarakat sekaligus pemerintah.

“Jangan apa-apa dibebankan pada masyarakat, pemerintah bisa menaikkan iuran kalau misalnya menaikkan cukai rokok sampai 57 persen. Lalu cukai rokok langsung didonasikan ke BPJS,” ujar Tulus dalam diskusi di Jakarta, Minggu (5/4/2015).

Menurutnya, rencana pemerintah dalam menaikkan iuran BPJS kesehatan pada tahun 2016 malah akan berdampak menurunnya minat masyarakat mengkuti BPJS kesehatan meski telah diwajibkan.

Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Akmal Taher, mengungkapkan sangat setuju jika memang cukai rokok dinaikan dan didonasikan untuk BPJS kesehatan. Namun, Akmal juga mengatakan, cukai rokok tersebut juga harus tetap masuk terlebih dahulu dalam Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Dari segi regulasi bisa, tetapi enggak bisa langsung karena semua cukai rokok itu masuk dulu ke APBN. Enggak bisa potong uang rokok langsung diambil untuk kesehatan. Peraturan di Indonesia tidak mungkin untuk hal apapun itu,” terang Akmal.

Kenaikan cukai rokok juga diharapkan bisa mengurangi jumlah perokok yang ada. Pasalnya, merokok merupakan bagian pola hidup yang tidak sehat dan dapat menimbulkan berbagai penyakit didalam tubuh manusia.


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *