Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sulawesi Selatan
Kerajinan Tenun Sutra

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sulawesi Selatan

harianlampung.co.id – Sebuah pekerjaan yang mengikat kita pastinya memiliki beban pikiran yang sangat besar sekali bagi keadaan tubuh kita. Yang mana akan mengakibatkan tubuh terasa lelah dan letih saat kita melakukan aktifitas kerja ataupun aktifitas sehari – hari. Ini hal yang harus kita jadikan sebagai refrensi untuk menjadikan tubuh kita menjadi fit kembali saat melakukan sesuatu pekerjaan apapun.

Maka demikian yang harus kita pilih adalah tempat wisata yang terlihat panorama yang sangat indah sekali untuk kita kunjungi, serta harus kita tahu bahwa betapa Negara Indonesia memiliki sebuah wisata yang tidak kalah menariknya di negara – negara maju lainnya. Saatnya kita harus tunjukkan bahwasannya Di Negara sendiri mampu menyaingi tempat – tempat wisata di negara lainnya.

Ini dia Daftar tempat wisata yang berada di Daerah Sulawesi Selatan

1. Hutan Malino

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sulawesi Selatan

Hutan Malino

Malino merupakan kawasan wisata yang memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Kawasan ini berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut terdapat Hutan Wisata Malino atau lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus, karena terdapat banyak deretan pohon pinus yang tumbuh subur, kokoh, dan rindang. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat tumbuhan peninggalan Belanda yang terbilang langka, seperti tumbuhan edelweiss dan pohon turi yang bunganya berwarna orange, serta jenis bunga masamba yang berubah warna setiap bulan.

2. Sanggar Kerajinan Tenun Sutra

Daftar tempat wisata di Daerah Sulawesi Selatan

Kerajinan Tenun Sutra

Hasil produksi dari kerajinan tenun ini berupa baju bodo, dasi, sarung selendang, kipas, dompet, tempat lipstick dan produk kerajinan tenun lainnya. Tenunan sutera dari kabupaten Sidrap memiliki reputasi yang sangat baik, cocok dijadikan sebagai cindera mata. Terletak di Desa Carawali Kecamatan Watang palu, sekitar 14,5 Km arah barat daya kota Sidrap

3. Makam Sultan Hasanuddin

daftar tempat wisata di daerah sulawesi selatan

Makam Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin adalah Raja Gowa ke-16 yang sangat terkenal dengan keberaniannya melawan colonial Belanda di Sulawesi Selatan. Ia dijuluki oleh penjajah Belanda sebagai Ayam Jantan dari Timur. Ia lahir pada tahun 1629 dan diangkat menjadi Raja Gowa selama 17 tahun hingga tahun 1669. Diusia 41 tahun, pada tahun 1670, Sultan Hasanuddin wafat. Ia dimakamkan di komplek pemakaman raja-raja Gowa.

4. Museum Balla Lompoa

Daftar Tempat Wisata Sulawesi Selatan

Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa merupakan rekonstruksi dari Istana Kerajaan Gowa yang didirikan oleh pemerintahan Raja Gowa ke-31 pada tahun 1936. Arsitektur bangunan ini berbentuk r

umah khas orang Bugis, yaitu rumah panggung yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Dibangun di atas lahan seluas satu hektar yang dibatasi oleh pagar tembok yang tinggi.

Bangunan ini terdiri dari dua bagian, ruang utama seluas 60 x 40 meter yang di dalamnya terdapat kamar pribadi raja, tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, bilik kerajaan dengan luas masing-masing bilik berukuran 6 x 5 meter, dan ruang teras (ruang penerima tamu) seluas 40 x 4,5 meter. Bangunan ini banyak dilengkapi jendela yang merupakan cirri khas rumah bugis dengan ukuran masing-masing jendela adalah 0,5 x 0,5 meter. Museum ini merupakan tempat penyimpanan koleksi benda-benda Kerajaan Gowa.

 

5. Pantai Tanjung Bira

Daftar tempat wisata di daerah Sulawesi Selatan

Pantai Tanjung Bira

Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih yang halus dan bersih dengan air laut yang jernih yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan. pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam serta keindahan dua pulau yang ada didepannya yaitu pulau Liukang loe dan pulau Kambing (tidak berpenghuni). Tanjung Bira terletak sekitar 200 km dari Kota Makassar atau 40 km dari Kabupaten Bulukumba. Tempat ini telah dilengkapi fasilitas berupa tempat parkir, penginapan, hotel, villa, bungalow, dan restaurant dan lain-lain. Di kawasan pantai juga terdapat pelabuhan fery yang siap mengantar pengunjung yang ingin berwisata ke pulau Selayar.

Inilah refrensi tempat wisata yang harus kita lestarikan dan wajib anda kunjungi yaitu di daerah Sulawesi Selatan, dan marilah kita luangkan waktu kita untuk hal yang bermanfaat untuk mengisi liburan di akhir bulan serta akhir tahun ini. Karena bisa membuat kita refres itu baik sekali.


Activian Grapiter on facebook
Activian Grapiter
Sebagai seorang penggiat seni tentunya dituntun memiliki gaya berfikir luas dan terbuka, hal tersebut coba saya aplikasikan kedalam hidup dimana kemandirian dari seorang penggiat seni juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan bukan hanya dari sisi kesenian, hal tersebut yang membuat saya tertarik untuk terus berinovasi bersama ide yang saya miliki untuk mengembangkan dalam dunia sastra khususnya menulis.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *