Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Barat
Jam Gadang

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Barat

Harianlampung.co.id – Tidak terasa ya sebentar lagi kita akan mendatangi hari yang istimewa yaitu hari libur. Hari yang kita tunggu – tunggu untuk merelaksasi bagian tubuh kita yang selalu merasa lelah dan selalu menjadi beban fikiran yang menumpuk. Benar !, yaitu adalah fikiran. Aktifitas sehari – hari yang membuat fikiran kita menjadi berat dan terkadang membuat sakit kepala. Tapi anda jangan khawatir, ini semua bisa teratasi jika anda meluangkan waktu anda untuk pergi ketempat – tempat wisata di daerah Sumatera Barat.

Didaerah Sumatera Barat memliki beberapa tempat wisata yang sangat luar biasa. Tidak kalah kalau kita pergi ke luar negeri. Tempat wisata di daerah Sumatera Barat ini juga banyak sekali touris yang berdatangan, maka dari itu anda jangan berkecil hati untuk meluangkan waktu anda merelaksasi fikiran anda ke tempat wisata di daerah Sumatera Barat ini. Bahkan tempat wisata di daerah Sumatera Barat ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling menarik karena keindahan serta kemegahan bangunan atau pantai yang mengelilingi daerah Sumatera Barat tersebut.

Jangan menyesal kalau anda mengatakan belum pernah datang mengunjungi tempat wisata di deaerah Sumatera Barat ini jika anda sedang berkumpul dengan sahabat – sahabat anda yang sudah pergi ke tempat wisata tersebut. Jangan khawatir selain harga yang tidak mencekik kantong kita yang tipis ini kita juga bisa melalang buana ke tempat wisata di daerah Sumatera Barat dengan membawa bekal yang unik saat kita kembali menuju rumah halaman kita nanti. Baik !, langsung saja beberapa daftar tempat wisata yang sering dikujungi di daerah Sumatera Barat.

1. Danau Singkarak

Daftar Tempat Wisata Di Sumatera Barat

Danau Singkarak

Merupakan danau yang terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 km yang terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok. Di sekitar danau terdapat beberapa tempat untuk beristirahat dan bersantai serta tersedia juga berbagai fasilitas sampan, boat dan hotel. Tersedia juga fasilitas untuk mengelilingi danau dengan pemandangan yang indah.

2. Jam Gadang

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Barat

Jam Gadang

Jam Gadang merupakan bangunan menara yang tinggi menjulang dengan megahnya, beratapkan khas Minangkabau, terletak di tengah kota Bukittinggi. Jam Gadang menjadi landmark dan lambang kota Bukittinggi, dibangun di atas bukit yang bernama Bukit Kandang Kerbau pada jaman Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker.

Dari puncak menara kita dapat menikmati dan menyaksikan betapa indahnya alam di sekitar kota Bukittinggi yang dihiasi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. Selain itu, Jam Gadang juga berguna sebagai penuntun bagi masyarakat sekitar untuk mengetahui waktu. Hal yang unik pada Jam Gadang adalah angka 4 yang tertulis IIII

3. Benteng De Kock

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Barat

Benteng De Kock

Benteng ini dibangun di pincak di dalam kota Bukittinggi tahun 1825 pada waktu terjadi perlawanan rakyat yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol dan Harimau Nan Salapan terhadap Belanda. Disekitar Benteng ini masih dapat kita lihat meriam kuno periode abad XIX Masehi. Tempat yang luas ini telah dihiasi dengan taman sebagai tempat ketinggian menyaksikan, Ngarai Sianok dan perbukitan sekitarnya terdapat meriam kuno dan bangunan benteng. Ini merupakan tempat terbaik di Bukittinggi menyaksikan Sunset.

4. Gedung Tri Arga / Istana Bung Hatta

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Barat

Gedung Tri Arga / Istana Bung Hatta

Gedung yang terletak di kota Bukittinggi ini masa dahulu merupakan pusat pemerintahan darurat Republik Indonesia tahun 1947. Hal ini disebabkan oleh agresi Belanda yang ingin memecah belah bangsa kita. Untuk mengenang jasa Proklamator Bung Hatta, gedung Tri Arga diganti nama dengan Istana Bung Hatta.

5. Istana Pangaruyung

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Barat

Istana Pagaruyung

Istana ini dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.

Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Sekarang rumah gadang yang ada disana merupakan replika dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar dan atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau.

Demikian Informasi mengenai Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Barat, semoga dengan adanya informasi yang telah diberikan ini bisa menambah pengetahuan anda mengetahui tempat – tempat wisata yang berada di daerah Sumatera Barat tersebut. Dan jangan lupa untuk menjaga dan melestarikan daerah wisata yang berada di Indonesia yang tidak kalah menariknya dengan tempat wisata yang ada di Luar Negeri.


Activian Grapiter on facebook
Activian Grapiter
Sebagai seorang penggiat seni tentunya dituntun memiliki gaya berfikir luas dan terbuka, hal tersebut coba saya aplikasikan kedalam hidup dimana kemandirian dari seorang penggiat seni juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan bukan hanya dari sisi kesenian, hal tersebut yang membuat saya tertarik untuk terus berinovasi bersama ide yang saya miliki untuk mengembangkan dalam dunia sastra khususnya menulis.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *