Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Selatan

Harianlampung.co.id – Daftar Tempat Wisata di Daerah Sumatera Selatan memang banyak di buru para orang – orang yang sedang berlibur. tempat wisata di Sumatera Selatan pun menjadi tempat yang sangat istimewa. Tempat wisata di Sumatera Selatan juga memiliki keunikan serta panorama yang sangat luar biasa.

Jangan pernah melewatkan keindahan – keindahan yang ada di tempat wisata tersebut, maka dari itu bagi anda yang ingin berlibur ke daerah Sumatera Selatan janganlah merasa ragu, kesempatan anda untuk datang mungkin banyak, akan tetapi untuk menikmati serta merasakan betapa elok nan indah tidak mudah.

Inilah persembahan yang diberikan kepada kita untuk selalu menjaga dan juga melestarikan tempat wisata di daerah Sumatera selatan yang begitu kuarbiasa. Berikut daftar tempat wisata yang sering dikunjungi di daerah Sumatera Selatan

1. Jembatan Ampera

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Selatan

Jembatan Ampera

Sungai Musi menghubungkan kota Palembang bagian ulu dengan ilir. Sungai yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia ini mempunyai keunikan tersendiri. Kehidupan masyarakat tergambar di sungai Musi. Ada pasar terapung, counter pulsa terapung, rumah makan terapung hingga pom bensin terapung. Sekarang ini sudah tersedia banyak transportasi sungai, baik yang khas daerah seperti ketek (perahu kecil) hingga kapal Putri Kembang Dadar. Bila berkunjung ke Palembang tidak ke Sungai Musi, sama saja belum pernah ke Palembang.

Di atas sungai Musi ini membentang Jembatan Ampera yang terkenal. Di salah satu pinggiran sungai, ada Benteng Kuto Besak (BKB) yang merupakan salah satu obyek wisata sejarah. Bila menyusuri sungai Musi, biasanya sekalian mampir ke Pulau Kemaro, pulau yang merupakan delta sungai Musi. Pulau Kemaro mempunyai sejarah dan kisah yang unik dan legendaris. Bahkan setiap kali event Cap Go Me, masyarakat keturunan Tionghoa banyak kegiatan di Pulau ini. Ya, Sungai Musi, sungai yang menarik untuk ditelusuri.

2. Rumah Limas

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Selatan

Rumah Limas

Propinsi Sumatera Selatan mempunyai rumah tradisional dengan nama rumah bari. Dilihat dari segi arsitekturnya, rumah bari berbentuk panggung dari bahan kayu. Biasa juga disebut rumah limas karena bentuk atapnya yang berupa limasan.

Kondisi alam Sumatera Selatan akrab dengan perairan tawar baik rawa maupun sungai. Hal ini berpengaruh dengan rumah yang dibuat oleh masyarakat wong kito. Di tepian Sungai Musi masih banyak ditemukan rumah limas yang dibangun menghadap sungai.

Rumah panggung khas Palembang yang berada di tepi Sungai Musi

Bentuk rumah panggung yang agak tinggi secara fungsional cocok untuk mengatasi kondisi rawa dan sungai di Palembang. Dari bentuknya terdapat dua jenis rumah limas yaitu yang dibangun dengan ketinggian lantai berbeda dan sejajar.

3. Hutan Wisata Punti Kayu

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Selatan

Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu, sebuah hutan wisata kota yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota dengan luas 50 ha dan sejak tahun 1998 ditetapkan sebagai hutan lindung. Didalam hutan ini terdapat area rekreasi keluarga dan menjadi tempat hunian sekelompok monyet lokal.

Hutan wisata ini merupakan tempat untuk menyegarkan jiwa dan raga pada akhir pekan atau hari libur. Di taman yang dikelola Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan ini, anak-anak bisa menaiki gajah, mandi di kolam renang, melihat kebun binatang mini dan museum fauna, atau sekadar duduk-duduk di antara pepohonan pinus. Pada hari-hari libur acapkali dimeriahkan hiburan yang diisi para artis lokal maupun dari luar kota.

4. Masjid Agung Palembang

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Selatan

Masjid Agung Palembang

Masjid dengan ukuran yang sangat besar dan megah memang selalu dapat menjadi sebuah ikon ataupun simbol bagi sebuah kota, khususnya di kota-kota di Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Oleh karena itu, tidak jarang kita temukan kota-kota di Indonesia dengan masjid-masjid besarnya masing-masing, mengingat bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia. Ternyata, sebuah masjid besar dan megah yang sering menjadi ikon sekaligus obyek wisata juga ada di Kota Palembang yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Masjid ini diberi nama Masjid Agung Palembang dan terletak di Jalan K.H. Faqih Usman,

Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Seperti halnya masjid agung atau raya di kota-kota lain di Indonesia pada umumnya, obyek wisata Masjid Agung Palembang ini juga memiliki ukuran yang sangat luas, tepatnya seluas 5.520 meter persegi untuk bangunan masjidnya saja. Masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Sultah Mahmud Badaruddin I tepatnya mulai dari tahun 1738 sampai dengan tahun 1748 ini telah mengalami renovasi sebanyak 6 kali, dari yang asalnya hanya seluas 1.080 meter persegi hingga menjadi 5,520 meter persegi seperti sekarang ini. Uniknya, arsiteksur dari obyek wisata Masjid Agung Palembang ini merupakan gabungan dari arsitektur bergaya Cina pada atapnya atau kubahnya dan arsitektur bergaya Erop pada elemen-elemen lainnya di masjid ini. Bahkan, beberapa bahan bangunan yang dipakai untuk membangun masjid ini pun diimpor langsung dari Eropa. Itulah sebabnya mengapa obyek wisata Masjid Agung Palembang ini cukup menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi mereka yang beragama Islam.

5. Goa Putri

Daftar Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Selatan

Goa Putri

Goa Putri berada di desa Padang Bindu, kecamatan Semidang Aji. Untuk mencapai lokasi butuh waktu sekitar enam jam dari kota Palembang. Dengan rincian lima jam perjalanan ke Baturaja dan sekitar satu jam dari Baturaja menuju Goa Putri. Mengenai tarif transportasi lumayan cukup terjangkau. Oleh karenanya banyak wisatawan yang berkung di tempat wisata favorit ini.


Activian Grapiter on facebook
Activian Grapiter
Sebagai seorang penggiat seni tentunya dituntun memiliki gaya berfikir luas dan terbuka, hal tersebut coba saya aplikasikan kedalam hidup dimana kemandirian dari seorang penggiat seni juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan bukan hanya dari sisi kesenian, hal tersebut yang membuat saya tertarik untuk terus berinovasi bersama ide yang saya miliki untuk mengembangkan dalam dunia sastra khususnya menulis.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *