Dalam 2 Hari, Indonesia Diguncang 5 Gempa di Beberapa Daerah
Gempa Bumi di Indonesia

Dalam 2 Hari, Indonesia Diguncang 5 Gempa di Beberapa Daerah

HarianLampung.co.id – Dalam dua hari terakhir, beberapa daerah di tanah air terus diguncang gempa, bahkan hingga pagi ini tercatat daerah Nias, Sumatera Barat juga turut diguncang gempa yang berkekuatan 5,0 SR. Meski tak berpotensi tsunami, tentu hal tersebut menambah deretan daftar gempa selama dua hari terakhir di Indonesia.

Sebelumnya wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat turut diguncang gempa, dimana gempa pertama mengguncang Ciamis, Jawa Barat dengan kekuatan 5,7 SR pada tanggal 25 Juli 2015. Tak berselang lama, lindu yang berkekuatan 4SR dan 3SR juga turut menghampiri wilayah pesisir di Sumatera Barat serta bagian Timur Laut dari Padang Panjang.

Gempa keempat terjadi di Papua pada 26 Juli 2015 pukul 01.22 WIT dengan kekuatan 5,2 SR. Selang sekitar 13 jam, gempa itu bergeser ke Malang, Jawa Timur. Wilayah tersebut diguncang gempa 6,3 SR pada pukul 14.05 WIB.

Menurut beberapa pantauan yang dilakukan oleh Kepala Bidang Informasi Dini Gempa Bumi dan Tsunami dari BMKG, Widodo menuturkan jika gempa yang terjadi di beberapa wilayah tanah air ini memang diakibatkan beberapa pergerakan aktivitas seismik.

Berdasarkan informasi yang dikutip HarianLampung.co.id dari Liputan6.com, Senin (27/07/2015), Gempa di Sumatera Barat diakibatkan aktivitas sesar Sumatera pada segmen sianok. Sesar besar Sumatera diketahui tersegmen dalam 19 segmen dari Aceh hingga Lampung.

“Adapun Papua dari bagian yang berbeda dengan gempa Jawa dan Sumatera,” imbuh dia. Sementara untuk Ibukota, dia berujar jauh dari potensi gempa. Hal ini lantaran Jakarta bukan daerah gempa.  “Namun Jakarta punya potensi merasakan gempa yang terjadi di Selat Sunda dan wilayah Jawa Barat,” tukas Wandono.


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook