Gunung Raung Meletus, PVMBG Umumkan Level Siaga
Gunung Raung Meletus, PVMBG Umumkan Level Siaga -

Gunung Raung Meletus, PVMBG Umumkan Level Siaga

HarianLampung.co.id – Berdasarkan hasil pantauan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) memutuskan Gunung Raung telah Meletus dan meningkatkan status dari level Waspada menjadi Siaga. Hal tersebut terlihat dari beberapa letusan kecil alias lava pijar yang terus menyembur meski tak meluber serta kepulan awan yang membumbung.

Gunung Raung yang terletak di Banyuwangi Jawa Tengah ini memang sejak beberapa bulan terakhir ini telah menunjukkan peningkatan aktivitasnya. Hingga kini asap tebal merah masih terus menyembur dari dalam gunung setinggi 3.332 mdpl yang membumbung setinggi 200-400 meter.

Tak hanya itu aktivitas gempapun juga masih terus berlanjut khususnya gempa tremor, hal tersebut juga turut dibenarkan oleh Burhan Alethe selaku Pengamat Gunung Api di Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) dusun Mangaran, Desa Sumberagung, Songgon, Banyuwangi, Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi yang dilansir Detik.com dan dikutip HarianLampung.co.id, Akibat asap ini, kata Burhan, hujan abu tipis mengguyur sekitar kawasan gunung. Selain itu, muncul juga pijaran api mirip kembang api di atas kawah. Namun karena bibir kawah yang tinggi dan lebar hingga 2 km, pijar api ini tak sampai meluber ke lereng.

“Jenis letusan Raung adalah strombolin, mirip kembang api. Letusan kali ini masih kategori minor, sehingga belum begitu membahayakan warga, ” pungkas Burhan.


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *