Harga Ikan Tuna Sirip Biru Tembus Rp 3,2 M/Ekor  di Jepang

Harga Ikan Tuna Sirip Biru Tembus Rp 3,2 M/Ekor di Jepang

HarianLampung.co.id – Harga Ikan Tuna Sirip Biru asli Indonesia kini mampu menembus Rp 3,2 M per ekornya di Jepang. Berdasarkan data ekspor yang tercatat di Komnas Pengkajian Stok Ikan, tangkapan jenis SBT atau yang biasa disebut sirip biru (southern bluefin tuna) merupakan komiditi dari sektor kelautan paling tinggi nilainya bahkan menembus miliaran per ekornya.

Hal tersebut turut dibenarkan oleh Balitbang Kementrian Kelautan dan Perikanan, Wudianto yang turut menjadi Sekretaris Komnas Pengkajian Stok Ikan. Jepang menjadi target pasar utama dalam hal pengiriman ikan tuna jenis blue marlin ini, terlebih permintaan yang tinggi dari Jepang justru menjadikan peningkatan harga di Jepang.

Meskipun demikian hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan ditanah air, di dalam negeri ikan tuna dengan bobot yang sama serta kesegaran yang sama hanya dihargai paling tinggi ratusan juta rupiah saja, “Kalau di Indonesia satu ekor itu sekitar 70-80 kg dapat mobil Innova satu,” tambahnya.

Mahalnya harga ikan jenis SBT karena ikan ini tergolong langka dengan masa bertelur yang cukup lama. Selain itu, proses penangkapan hingga ekspor melalui prosedur yang cukup panjang.

CCSBT atau Commision for the Conservation of Southern Bluefin Tuna mengatur kuota tangkap ikan SBT kepada enam negara yaitu Indonesia, Jepang, Korea, Australia, New Zealand, dan Taiwan. Selama 3 tahun, Indonesia hanya mendapatkan kuota tangkap ikan SBT sebanyak 750 ton.

“Ikan SBT ini recovery lama sekali beda dengan ikan sarden dan layang yang sangat cepat. Jadi ketat sekali dan pasar tunggal ke Jepang dan Jepang selalu kontrol. Kalau tidak ketat, kita dapat punishment,” kata Wudianto.


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *