ICW : Ini Penyebab Duit Negara Suka ditilep DPR
Ade Irawan ICW

ICW : Ini Penyebab Duit Negara Suka ditilep DPR

Harianlampung.co.id РAde Irawan selaku Koordinator ICW mengungkapkan anggaran RP 1,6 triliun yang sebelumnya diajukan DPR harus melalui tahap perencanaan yang tepat terlebih dahulu, agar tidak terjadinya akal-akalan parlemen semata. Menurut Ade, DPR tidak boleh semena mena dalam mengajukan anggaran.

Ade juga menilai, mekanisme pengawasan yang dilakukan terhadap penerapan anggaran sangat rawan dislewengkan ini dikarenakan tidak ditunjangi tiga komponen yang bersinergi dalam hal perekrutannya. Tiga komponen penting tersebut adalah, staf ahli di daerah, kompnen pembelian mobiler unruk rumah aspirasi, dan juga dana aspirasi. Menurutnya ketiga hal ini masih bermasalah.

“Lalu Bagaimana cara mengawasinya? Jika kita lihat mekanismenya sangat rawan karena ada 3 titik yakni staf ahli di daerah, komponen pembelian mobiler untuk rumah aspirasi, dan dana aspirasi. Ketiganya bisa bermasalah,” ujar.

Ade juga menilai, bagian yang sering bermasalah adalah pada bagian penerimaan staf ahli di daerah yang kerap diambil orang-orang terdekat. Biasanya hal ini dapat dilihat dari kinerjanya yang tak sesuai dan kurang bagus.

Seperti yang dilansir media merdeka.com “Untuk rekruitmen staf ahli mestinya orang-orang yang bisa menutup kekurangan anggota DPR, tapi kalau dilihat faktanya banyak penunjukan staf khusus ini kerap tidak melalui mekanisme yang baik. Seperti rekrut orang-orang terdekat atau anggota keluarga. Jadi hanya untuk lapangan pekerjaan saja,” lanjut Ade.

Dalam pembelian mobiler, lanjut Ade, terdapat pembelian tender yang tidak jelas aturannya. Seharusnya, lanjut Ade, setelah pembelian ini dipertanggunggjawaban kepada publik, tapi kenyataannya hanya kepada DPR semata dan itu sangat aneh.

Untuk dana aspirasi, terang Ade, proses penyerapan aspirasi dari rakyat mestinya didorong ke partai. Jadi, negara mendapat subsidi partai dengan adanya pendidikan politik sehingga tidak perlu adanya pengadaan mobil dan sebagainya


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *