Ini Asal Usul Munculnya April Mop
Asal Usul April Mop

Ini Asal Usul Munculnya April Mop

HarianLampung.co.id – Awal bulan April hampir seluruh masyarakat dunia mengenal dengan sebutan April Mop atau Fools’ Day. Ya April Mop merupakan hari dimana banyak orang akan bertanya-tanya tentang apa yang tengah terjadi.

Meski April Mop saat ini tengah ramai diperbincangkan, namun sejarah asal usul April Mop hingga kini memang belum pasti. Bahkan banyak yang mengira jika hari tersebut merupakan salahs atu Budaya Kuno yakni Perayaan Hari Tahun Baru di tanggal 1 April oleh bangsa Romawi dan Hindu.

Sedangkan beberapa pihak menyebutkan asal usul April Mop hanyalah sebagai perayaan yang terkait dengan pergantian musim, sementara yang lain percaya itu berasal dari penerapan kalender baru.

Namun ternyata ada penjelasan yang lebih logis lagi dari asal usul April Mop, dahulu pada tahun 1582 Paus Gregorius XIII yang nota bene adalah seorang raja besar mengumumkan sebuah kalender baru yang bernama Kalender Greogorian.

Kalender tersebut mengubah Hari Raya Tahun Baru dari 1 April menjadi 1 Januari, namun ternyata banyak masyarakat yang tak setuju akan perubahan yang dilakukan oleh Paus Gregorius XIII hingga pada akhirnya orang lain mulai mengolok-olok mereka yang dianggap tradisionalis ini, mengatakan mereka melaksanakan ‘tugas bodoh’ dan mengatakan mereka melakukan percaya sesuatu yang palsu. Akhirnya, praktek ‘1 Januari’ menyebar ke seluruh Eropa.

Penjelasan yang dimuat dalam artikel Associated Press ini dicetak oleh banyak surat kabar pada tahun 1983 mampu menarik perhatian publik . Hanya ada satu yang menyadari, Boskin telah mengarang keseluruhan cerita tersbut. Butuh beberapa minggu untuk AP untuk menyadari bahwa mereka Sebenarnya korban dari lelucon April Fools itu sendiri.

Nah jadi asal usul April Mop memang masih gonjang-ganjing, dan semoga anda juga tidak menjadi korban April Mop dari Artikel diatas..


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *