Ini Ciri dan Cara Membedakan Batu Bacan Asli atau Palsu
Ini Ciri dan Cara Membedakan Batu Bacan Asli atau Palsu

Ini Ciri dan Cara Membedakan Batu Bacan Asli atau Palsu

HarianLampung.co.id – Ciri dan Cara Membedakan Batu Bacan Asli Atau Palsu agar para pecinta batu tak merasa tertipu dengan banyaknya batu palsu yang beredar saat ini. Tak dapat dipungkiri fenomena atau trend batu akik memang mampu memberikan keuntungan yang berlipat seiring dengan semakin meningkatnya permintaan akan batu dipasaran.

Trend batu akik yang menjadikan batu bacan sebagai primadona memang membuat batu yang berasal dari tanah maluku ini terus mengalami lonjakan permintaan dipasaran, tak heran hal ini memberikan celah bagi orang-orang yang bertanggung jawab dengan turut memasarkan barang tiruan yang serupa seperti halnya yang terjadi pada gadget atau ponsel android.

Keistimewaan batu bacan serta segudang aura magis yang dipercaya oleh banyak orang membuat batu ini semakin dibanderol dengan harga yang tinggi, terlebih Mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono juga memiliki batu tersebut dengan merogoh kocek hingga milyaran rupiah tentunya membuat bisnis batu bacan semakin menggiurkan.

Lantas adakah cara untuk membedakan batu bacan asli atau palsu?

Sebenarnya untuk membedakan mana batu bacan asli atau palsu bisa dikatakan gampang-gampang susah, pasalnya juga ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan terkadang juga langkah tersebut juga belum dapat memastikan batu asli maupun palsu.

Seperti yang dikutip HarianLampung.co.id dari Liputan6.com, Sabtu (21/03/2015), ada beberapa ciri untuk membedakan batu bacan asli atau palsu, berikut dibawah ini selengkapnya.

Ciri dan Cara Membedakan Batu Bacan Asli atau Palsu

Jenis Batu Akik Bacan Termahal Saat Ini

Jenis Batu Akik Bacan Termahal Saat Ini

Ciri Batu Bacan Asli

  • Batu Bacan asli memiliki kemampuan untuk menggores kaca, hal ini memang tak terlepas dari kandungan dari batu tersebut.
  • Batu Bacan asli masih memiliki serat-serat jika dilihat dengan cahaya (senter)
  • Batu Bacan asli akan terus mengalami perubahan warna dari waktu ke waktu

Cara Membedakan Batu Bacal Asli atau Palsu

  • Di Bakar

Batu Bacan yang asli akan mengeluarkan zat seperti minyak saat dibakar dan akan hilang jika dibersihkan, sedang bacan palsu dipastikan akan meninggalkan bekas pada permukaan batu dan cenderung tak bisa dihilangkan.

  • Ditimbang

Batu bacan asli tentunya akan memiliki berat yang samaa saat ditimbang serta dengan ukuran yang sama pula, hal ini tentu berbeda dengan bacan palsu.


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *