Ini Dia Penyebab Jatunya Pesawat Hercules A-1334 Navex 32
Ini Dia Penyebab Jatunya Pesawat Hercules A-1334 Navex 32

Ini Dia Penyebab Jatunya Pesawat Hercules A-1334 Navex 32

HarianLampung.co.id – Ini Dia Penyebab Jatunya Pesawat Hercules A-1334 Navex 32 di Gunung Lisuwa, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Pesawat C-130 HS yang merupakan hibah dari Australia milik TNI AU terjatuh saat tengah menempuh rute Wamena ke Timika dengan mengangkut 13 Orang beserta pilot.

Menurut sumber berita yang dikutip HarianLampung.co.id dari Kompas.com, Pesawat itu terbang ke Papua membawa misi latihan pemantapan kaderisasi kapten. Rencananya, latihan itu akan berakhir pada Rabu (21/12/2016). Bahkan dalam beberapa kali pengecekan pesawat tersebut di pastikan masih layak terbang dan sudah sesuai dengan prosedur.

Dugaan sementara, pesawat itu jatuh karena faktor cuaca. “Cuaca disana sebenarnya bagus. Cuma di runway kurang baik, ada fog,” jelasnya. Akibat kejadian itu, 13 orang yang ada di dalam pesawat meninggal. Dua belas orang merupakan kru dari pesawat itu dan satu orang lainnya anggota TNI yang tengah menumpang.

Menurutnya, TNI AU sudah mengirimkan tim investigasi untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat. “Kita sudah mengirimkan tim investigasi. Sekarang sudah berada di lokasi Panglima Komando Operasi AU II, Marsekal Muda Umar Sugeng. Investigasi akan memakan waktu, tidak akan cepat.”

Insiden jatuhnya pesawat TNI dan Polri beberapa kali terjadi. Pada 4 Desember lalu, pesawat M-28 Skytruck milik Polri jatuh di wilayah perairan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, sehingga menewaskan 13 personel.

Peristiwa paling fatal terjadi pada Juni 2015 lalu. Ketika itu, pesawat Hercules milik TNI AU jatuh di daerah permukiman Kota Medan dan menewaskan lebih dari 100 orang, termasuk puluhan warga setempat.


Nuri Agustina on facebook
Nuri Agustina
Berawal dari banyaknya isu rasis yang berkembang dan saya alami dibangku sekolah, tentunya bayang-bayang akan perpecahan dikalangan masyarakat tanah air yang nota bene memiliki banyak sekali suku dan budaya seringkali menganggu jalan fikiran, hal tersebut yang mendorong saya untuk terus berkarya di kategori Nasional dengan harapan tak ada lagi isu seperti itu dan kembali membangkitkan semangat Nasionalisme.

Komentar Facebook