Ini Dia Perbedaan Suzuki Address Lokal dan Ekspor
Ini Dia Perbedaan Suzuki Address Lokal dan Ekspor

Ini Dia Perbedaan Suzuki Address Lokal dan Ekspor

HarianLampung.co.id – Indonesia kini mulai berbicara diranah otomotif, pasalnya lewat salah satu produsen motor yakni Suzuki Indonesia lewat skutik andalanya Suzuki Address.

Ya belum lama ini Suzuki Indonesia memang sukses mengekspor salah satu skuter matic andalanya ke beberapa negara di tiga benua. Hal tersebut jeas menjadi salah salah satu prestasi tersendiri seiring dengan banjirnya kendaraan import masuk ke Indonesia.

Eropa, Asia dan Pasifik merupakan pasar baru bagi Suzuki Indonesia, bahkan rencananya perluasan pasar bakal terus ditambah karena memang pasar negara maju memiliki standar tinggi.

Lantas adakah perbedaan antara Suzuki Address Lokal dengan yang di ekspor ke luar?

Menurut informasi yang dikutip HarianLampung.co.id dari Kompas.com, Minggu (01/03/2015) lewat Dirut Senior Roda Dua PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho menuturkan tak ada perbedaan yang mencolok dan tak ada KW KWan, hanya saja ada penambahan di beberapa sisi karena memang ketatnya standar di negara luar. Untuk itu, membeberkan ubahan apa saja yang dilakukan untuk Address ekspor, sebagai berikut.

1. Komposisi warna bodi

Suzuki Address ekspor dikemas dengan desain warna bodi yang relatif lebih sederhana dengan emblem “Address” di kedua sisi tebeng samping belakang. Hanya dipasarkan dalam tiga warna utama, Hitam, Putih, dan Silver. Bodi skutik “entry level” ini juga tidak dihiasi dengan desain stiker bodi, seperti yang dipasarkan untuk lokal Indonesia. Jusrtu tanpa ada “stripping”, tampilan Address jadi lebih mapan, mewah, dan “chic” untuk sekelas skutik termurah Suzuki.

Sistem pembuangan gas pembakaran sampai knalpot mendapat ubahan paling signifikan karena bisa mempengaruhi berapa besar karbondioksida dilepas ke udara.

2. Knalpot

Ubahan lain yang dilakukan Suzuki Indonesia pada Address ekspor ada pada bagian sistem pembuangan gas hasil pembakaran mesin (knalpot). Ubahan ini, diklaim Suzuki Indonesia hanya bersifat teknis, demi mengejar standar emisi gas buang yang lebih ketat di negara tujuan ekspor. Kalau Indonesia menggunakan spesifikasi knalpot untuk Euro2, seluruh produk ekspor sudah Euro 3 dan 4.

3. Lampu Sein

Perbedaan lain yang terlihat kasat mata, ada pada desain lampu sein belakang. Untuk pasar lokal Indonesia, sein menyatu dengan mika lampu rem. Sementara untuk ekspor, kedua sein belakang dipisahkan dengan batang lampu tambahan di bawah rem.

4. Ban

Pada ban, Suzuki membekali Address ekspor dengan spesifikasi yang berbeda, sudah tubeless. Sedangkan, untuk lokal masih menggunakan ban dalam dengan ukuran sama.

5. Pegangan tangan belakang

Ubahan ini juga mudah terlihat, desain pegangan tangan belakang (back-handle) terlihat berbeda dengan ukuran lebar. Selain itu, pada pegangan ini juga sudah dilengkapi beberapa lubang tambahan, untuk aksesori tambahan box tambahan di belakang.

Di Inggris, Suzuki sudah mulai memasarkan Address dengan banderol cukup mencolok jika dibandingkan produk lokal, mencapai 1.799 pound atau Rp 36,05 juta. Sedangkan di Indonesia banderol Address hanya, Rp 13,89 juta on the road Jakarta.


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *