Ini Gambar Pluto Sebenarnya
Foto planet Pluto yang berhasil ditangkap NASA (dok.NASA)

Ini Gambar Pluto Sebenarnya

Harianlampung.co.id – Jika kita ditanya menenai Planet Pluto, pasti kita akan mengingat kembali pelajaran waktu kita masih di sekolah dasar dan mempelajari bermacam-macam planet. Termasuk planet yang jarangnya paling jauh dalam sistem tata surya selama ini.

Ya, Planet Pluto, planet ini sering digambarkan dengan warna yang sedikit gelap atau bisa dibilang berwarna kelabu atau biru. Namun, baru-baru ini ada fakta baru mengenai Planet Pluto ini, dari foto yang dikirim dari pesawat penjelajah New Horizons mengungkapkan bahwa selama ini Pluto memiliki warna merah berpasir bukan kelabu ataupun biru.

Tim ilmuwan untuk misi New Horizons menerima kiriman foto pada Rabu (8/7) pagi yang ditangkap oleh instrumen Long Range Reconnaissance Imager (LORRI). Gambar yang dihasilkan New Horizons adalah ketika ia sedang terbang di jarak delapan juta kilometer dari Pluto.

Seperti yang di lansir situs resmi NASA,  dari foto yang diunggah memperlihatkan penampakan Pluto yang sebenarnya, dan memiliki warna yang cerah.

Hal paling menonjol adalah corak gelap yang memanjang di khatulistiwa, yang secara informal dikenal sebagai “the whale”.

Tak hanya itu, di sana juga ada area luas nan terang yang berbentuk hati berukuran sekitar dua ribu kilometer di sepanjang kawasan bagian kanan Pluto. Di atasnya adalah kawasan kutub yang juga cukup terang.

“Di waktu berikutnya kita akan melihat bagian-bagian Pluto saat New Horizons berada di orbit terdekatnya. Porsi wilayah ini akan dicitrakan dengan resolusi 500 kali lebih baik dari gambar ini,” ujar Jeff Moore dari Geology, Geophysics and Imaging Team Leader di Ames Research Center milik NASA.

“Tentu akan menakjubkan!” serunya.

Foto planet Pluto yang berhasil ditangkap NASA (dok.NASA)

Foto planet Pluto yang berhasil ditangkap NASA (dok.NASA)

Baca juga :

Kata Siapa Ukuran Planet Pluto Itu Kecil?


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *