Ini Hal yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Minum Sekaleng Soda
Kaleng Minuman Soda

Ini Hal yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Minum Sekaleng Soda

Harianlampung.co.id – Minuman soda saat ini sudah banyak sekali beredar dipasaran. Soda juga merupakan salah satu minuman yang cukup populer dikalangan masyarakat kita. Hal ini karena rasa soda sendiri yang memiliki rasa yang unik saat diminum, seperti ada busa yang berjalan di area mulut, apalagi jika di campur dengan pecahan es, maka akan terasa sangat menyegarkan.

Namun tahukah anda apa yang terjadi di dalam tubuh kita setelah meminum sekaleng soda? yuk disimak dulu penjelasan berikut ini.

Pada 10 Menit Pertama

Pada 10 menit pertama setelah minum sekaleng soda, terdapat 10 sendok teh gula yang masuk pada tubuh manusia. Tentu saja takaran ini sudah mendekati ambang batas maksimal konsumsi gula harian anda. Sehingga sangat dianjurkan anda tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula lagi  karena berpotensi adanya penumpukan gula pada tubuh. Dalam 10 menit pertama, Anda tidak akan langsung mengalami mual karena rasa manisnya sebab kandungan asam fosfor dari soda mampu menetralisirnya.

Pada 20 Menit Berikutnya

Pada 20 menit berikutnya , kandungan gula dalam tubuh akan seketika meningkat, hal ini menyebabkan insulin bekerja keras dalam mencernanya. Pada tahap berikutnya, leber Anda akan mengubahnya menjadi lemak.

40 Menit Kemudian

Tak hanya gula, minuman bersoda didalamnya juga terdapat kafein. Kafein ini kemudian diserap oleh tubuh secara menyeluruh dan mengakibatkan pupil mata membesar, lalu tekanan darah meningkat, dan bakal membuat Anda selalu terjaga. Kafein akan membuat hormon dopamin aktif diproduksi yang memiliki efek sama dengan heroin.

60 Menit

Lalu pada 60 menit berikutnya, kandungan kalsium, magnesium serta zat besi dalam tubuh akan diikat oleh asam fosfor. Tak hanya itu, hal tersebut juga diperparah dengan tingginya gula serta pemanis buatan yang terdapat pada soda yang membuat produksi air seni meningkat. Sehingga tak jarang setelah minum soda, justru Anda merasa haus.

Lebih dari 60 menit

Dalam waktu lebih dari 60 menit, seiring dengan seringnya anda buang air kecil, hal ini dapat menyebabkan kalsium, magnesiun serta zat besi yang tadinya di ikat, bakal ikut didalam air kencing anda. Dan pada akhirnya Anda akan kehilangan elektrolit dan cairan dalam tubuh.

Perlu anda tahu, mengkonsumsi minuman bersoda dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengakibatkan memperlambatnya sistem metabolisme tubuh Anda. Dan akan berakibat yang kurang baik pula untuk kesehatan organ-organ dalam tubuh Anda, selain itu juga terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis akan berdampak menambahnya berat badan secara drastis.

Jadi intinya, boleh mengkonsusmi namun tidak secara berlebihan.


Arman Maulana on facebook
Arman Maulana
Sejak kecil memiliki hobi dibidang olahraga, bahkan hal tersebut beruntut hingga mengenyam di bangku kuliah yang turut mengambil jurusan olahraga. Jadi tak ada alasan lain untuk memilih kategori selain OlahRaga.

Komentar Facebook