Julie Bishop : Pernyataan Abbott Tak Membantu
ABC News, Menlu Julie Bishop bersama PM Tony Abbott

Julie Bishop : Pernyataan Abbott Tak Membantu

Harianlampung.co.id – Menlu Australia┬áJulie Bishop menilai, pernyataan yang dilontarkan oleh Perdana Menteri Tony Abbor mengenai bantuan tsunami yang telah diberikan kepada Indonesia sama sekali tidak membantu sama sekali atas kasus hukuman mati “Bali Nine” yang dialami warga negaranya, melainkan menambah keruh suasana.

Terpidana mati dalam kasus “Bali Nine” Chan dan Sukumaran sebelumnya telah tertangkap atas keterlibatan dalam upaya penelundupan heroin seberat lebih dari 8 Kg dari Bali ke Australia.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Rabu (18/2/2015), mendesak Indonesia untuk mengingat kontribusi besar Canberra dalam bantuan setelah tsunami dahsyat tahun 2004 dan membayar kemurahan hati itu dengan membatalkan eksekusi dua warganya yang divonis mati dalam kasus perdagangan narkoba di Bali.

Menanggapi hal tersebut Kementrian Luar Negeri Indonesia mengatakan bahwa “ancaman” bukanlah bagian dari bahasa diplomatik.

Menlu Australia memang mengakui pernyataan yang dilontarkan PM Abbott tersebut ditanggapi di Indonesia sebagai hal yang tidak membantu (bagi penundaan hukuman mati)

Julie Bishop mengakui komentar PM Abbott tersebut ditanggapi di Indonesia sebagai hal yang tidak membantu (bagi penundaan hukuman mati).

“Itulah yang dilihat di Indonesia dan menjadi alasan mengapa saya berbicara dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjelaskan bahwa Perdana Menteri tidak berniat menghubungkan bantuan tsunami dengan ‘Bali Nine’ dengan maksud negatif,” katanya.

“Apa yang ia ingin sampaikan bahwa Australia selalu menjadi teman Indonesia. Kami ada saat Indonesia membutuhkan.” peungkasnya.

“Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima bahwa demikian seharusnya kata-kata tersebut dimaknai,” katanya.

Menteri Bishop mengatakan, tim pengacara Chan dan Sukumaran akan hadir di pengadilan (PTUN Jakarta), Selasa (24/2/2015), untuk kembali meminta agar permohonan grasi untuk kliennya ditinjau kembali.

Bishop mengatakan, Pemerintah Australia terus berupaya untuk mewakili warganya “di setiap tingkatan, di setiap departemen”.

“Kami melakukan segala upaya sebisa mungkin untuk meminta pengampunan bagi dua warga negara Australia ini,” katanya.

Hingga pernyataan itu dilontarkan PM Abbott, masyarakat Indonesia tengah mengumpulkan Koin untuk Australia.

Baca Juga


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *