Kata Siapa Ukuran Planet Pluto Itu Kecil?
Bulannya Charon, yang diambil oleh New Horizons. (Dok. NASA)

Kata Siapa Ukuran Planet Pluto Itu Kecil?

Harianlampung.co.id – Jika dahulu kita mengira bahwa ukuran Planet yang paling jauh di sistem tata surya kita ini memiliki ukuran yang kecil sebagaimana di gambarkan di beberapa peta tata surya yang biasa kita lihat.

Namun tahukah anda bahwa sebenarnya Planet Pluto ini tidak sekecil yang seperti kita bayangkan sebelumnya?

Baru-baru ini ada banyak fakta-fakta baru mengenai Planet Pluto yang berhasil ditemukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat atau sering disebut NASA.

Hal ini adalah hasil dari pencitraan gambar yang dilakukan oleh New Horizons, dan membuahkan titik terang baru mengenai Planet Pluto ini.

New Horizons milik NASA ini berhasil memperlihatkan bahwa banyak ruang yang lebih besar di Pluto. Dan ukuran sebenarnya Planet Pluto ternyata berdiameter 1,473 mil,  “Sedikit lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya.”

NASA menambahkan, penentuan ini dibuat menggunakan gambar yang dikumpulkan oleh probe Long Range Reconnaissance Imager (Lorri).

“Ukuran Pluto telah diperdebatkan sejak penemuannya pada tahun 1930. Kami sangat senang akhirnya perdebatan tersebut berakhir,” kata ilmuwan Bill McKinnon dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari Cnet.

New Horizons ini sebelumnya tleh diluncurkan pada tahun 2005, yakni bertujuan untuk misi mempelajari Pluto beserta bulan-bulannya. Misi ini dijadwalkan untuk terbang ke lintasan terdekat pada Selasa (14/7). NASA berharap untuk belajar lebih banyak tentang planet kerdil dan satelit mungil sebagai probe bergerak untuk gambar yang lebih baik dan putaran baru pengumpulan data.

Gambar Pluto yang Keliru

Seperti yang kita ketahui sebelum-sebelumn, warna Planet Pluto tidak begitu terang. Namun, New Horizons berhasil mematahkan anggapan tersebut, dan mengungkapkan bawha warna asli dari Pluto ternyata berwarna merah berpasir.

Mengutip dari situs resmi NASA, pemandangan dari foto tersebut memperlihatkan sisi Pluto yang didominasi oleh tiga wilayah luas dari berbagai tingkat kecerahan.

Hal paling menonjol adalah corak gelap yang memanjang di khatulistiwa, yang secara informal dikenal sebagai “the whale”.

Tak hanya itu, di sana juga ada area luas nan terang yang berbentuk hati berukuran sekitar dua ribu kilometer di sepanjang kawasan bagian kanan Pluto. Di atasnya adalah kawasan kutub yang juga cukup terang.


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *