Katanya, Ini Kriteria Koruptor yang Berhak Dapat Remisi
Arsul Sani, kompas.com/dani prabowo

Katanya, Ini Kriteria Koruptor yang Berhak Dapat Remisi

Harianlampung.co.id – Jika menurut masyarakat, Koruptor adalah seorang penjahat yang sangat jahat, karena mengambil hak-hak yang seharusnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Tetapi berbeda dengan pendapat Anggota Komisi III DPR, Arsul Sani, yang menilai bahwa tidak semua terpidana atas kasus korupsi itu adalah pelaku utama dalam kasus korupsi. Menurut Arsul, ada terpidana yang berhak mendapatkan hak-haknya, termasuk salah satunya adalah remisi.

Seperti yang dilansir Kompas.com, “Pelaku korupsi itu ada pelaku utama, ada pelaku yang cuma terseret saja,” kata Arsul dalam diskusi Polemik Pemberian Remisi untuk Koruptor di Kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jakarta, Selasa (24/3/2015)

Asrul juga memberi contoh, seperti di Kalimantan Tengah beberapa waktu yang lalu, ada kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan pimpinan DPRD dan menyeret semua pimpinan fraksi. Kasus yang kini diusut  Plda Kalteng itu telah masuk meja hijau. Tetapi, ketika Polda Kaltek mengadakan operasi tangkap tangan terhadap pelaku, menurut Asrul, ada pihak-pihak yang layak mendapatkan remisi apabila telah dijatuhi vonis.

“Dia itu sopir salah satu anggota Dewan. Dia tidak tahu-menahu karena hanya disuruh. Yang kalau begini ini yang sangat mungkin mendapatkan remisi,” kata Arsul.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly beberapa waktu lalu menyatakan, terpidana kasus korupsi berhak mendapatkan hak yang sama seperti terpidana kasus lainnya dalam hal remisi. Padahal, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan, narapidana kasus korupsi, terorisme, dan narkotika tak bisa mendapat remisi atau pembebasan bersyarat.


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *