Keindahan dan Keunikan Batu Cincin Kalimaya

Keindahan dan Keunikan Batu Cincin Kalimaya

Harianlampung.co.id – Batu cincin, batu cincin, dan batu cincin hal ini lah yang sering kita dengar akhir akhir ini, yup benar sekali, saat ini memang sangat populer sekali keberadaan batu cincin, padahal batu yang katanya batu mulia ini sudah digunakan pada zaman dahulu kala sebelum kita lahir atau bisa dikatakan sudah populer pada zaman nenek moyang kita terdahulu, tetapi bedanya dahulu batu cincin atau batu akik hanya digunakan oleh para bangsawan saja atau petinggi petinggi kerajaan saja.

Beda dengan saat ini, batu cincin atau batu akik sudah banyak yang menggunakan dari kaum tua hingga muda dari laki-laki hingga perempun semuanya saat ini banyak sekali yang telah mengenakannya, karena batu yang satu ini sangat cocok sekali untuk dibentuk aksesori, tidak hanya cincin batu batu mulia juga bisa dibentuk untuk kalung ataupun untuk mata tali pinggang.

Batu cinci yang sedang naik daun saat ini adalah Batu Cincin Kalimaya, anda sudah taukan mengenai batu yang satu ini? jika belum tau, batu ini memiliki corak yang unik , dengan warna dasar biasanya putih atau sedikit gelap kehitaman dengan beragam warna seperti kristal didalamnya.

Warna-warna kristal didalam batu kalimaya akan terlihat jelas jika terkena cahaya lampu atau sinar, pada posisi tertentu warna-warna keristal akan mengkilap dengan gemerlamapan berwarna warni.

Nama kalimaya itu sendiri di ambil dari nama “Kali Maja”. Kali Maja adalah nama sebuah sebuah sungai yang terdapat didaerah Rangkasbitung, tepatnya Kecamatan Maja Kabupaten Lebak Banten. yaitu sungai yang awal mulanya dilakukan penambangan batu mulia ini.

Lokasi Pertambangan Batu Cincin Kalimaya/ Kali Maja

Dan untuk Penyebarannya, Batu Kalimaya ini terbentang di beberapa kecamatan di Kabupaten Lebak, Mulai dari Kecamatan Maja, Cimarga, Curugbitung, Sajira, Muncang dan Cipanas.
Seharusnya ini menjadi sebuah Omset yang menggiurkan bagi warga Rangkasbitung, karena menjadi satu-satunya sumber panghasil Kalimaya terbaik. mengingat Kalimya dapat bersaing dan tembus sampai pasar internasional.

Sayangnya Ekplorasi penambangan kalimaya ini tidak ada dukungan dari pemerintah setempat, Dan bisa di bilang kini penghasil Kalimaya dari daerah sumbernya sudah jarang di temui, seperti halnya di daerah saya (Desa Pajagan Kec. Sajira Kab. Lebak) kini sudah sulit ditemukan penambang kalimaya, padahal dulu para penambang Kalimaya banyak yang dapat meraup untung besar dari pekerjaannya menambang batu Mulia tersebut, Namun bukanya mendapat dukungan dan jaminan, eksplorasi penambangan tersebut kini dilarang oleh dinas kehutanan dan resmi di tutup beberapa tahun silam.

Manfaat dan Khasiat Batu Cincin Kalimaya

Untuk setiap batu cincin biasanya dipercaya memiliki manfaat dan khasiat tertentu, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap batu cincin, termasuk batu cincin kalimaya ini sendiri yang memiliki khasiat sebagai berikut :

  • Meningkatkan kebahagiaan pembawa (biasanya bersinar jika pemilik bahagia, dan membosankan jika pemilik mengalami depresi).
  • Membantu mengatasi depresi.
  • Bantuan menyembuhkan penyakit mata.
  • Membantu mengatasi disfungsi ereksi lemah.
  • Membantu proses asimilasi protein.
  • Dapat menjalankan hal-hal dan pengaruh negatif.
  • Mampu membuang mimpi buruk.
  • Lindungi wisatawan untuk melakukan perjalanan ke tempat yang jauh.

Harga Batu Cincin Kalimaya

Untuk harga batu cincin kalimaya sendiri memiliki harga yang lumayan fantastis, harga yang dipatok biasanya berkisar Rp 7.000.000 hingga > Rp 20.000.000 wow.. sungguh harga yang fantastis ya untuk sebuah batu kalimaya.

Batu kalimaya Indonesia juga sudah sangat terkenal diluar negeri, seperti di Israel, Iran, Arab Saudi, Malaysia, Vietnam hinnga China.

Jadi bisa dibayangkan omset bisnis untuk batu cincin kalimaya itu sendiri.

Berikut beberapa gambar Batu Akik Kalimaya

batu-cincin-kalimaya-3

batu-cincin-kalimaya-2

batu-cincin-kalimaya-1

batu-cincin-kalimaya-5

batu-cincin-kalimaya-4


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *