7 Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan. Bagi anda yang hobi minum es buah, mungkin buah yang satu ini tak ketinggalan dalam campuran es tersebut, ya buah alpukat memang menjadi salah satu buah yang selalu hadir dalam hidangan es sop buah, namun bukan hal tersebut yang ingin disajikan tapi lebih kepada manfaat dari buah alpukat bagi kesehatan.

Diawali dari asal usul si buah, konon buah alpukat berasal dari benua Amerika tepatnya di Negara Meksiko dimana meksiko memiliki cuacana dan banyaknya daerah tropis, sehingga tanaman Alpukat tumbuh subur di negara tersebut.

Namun kini ada tak pelru lagi pergi ke Meksiko untuk membeli buah Alpukat, kini Alpukat menjadi salah satu tanaman budidaya yang tersebar hampir diseluruh kawan nusantara.

Konon manfaat buah alpukat begitu besar bagi kesehatan tubuh, khasiat yang paling terkenal dari nenek moyang adalah buah alpukat mampu mengobati beberapa jenis penyakit, bahkan buah alpukat mampu mengurangi jumlah kolesterol yang ada ditubuh kita.

Namun yang pasti semua harus disertai dengan penelitian dan baru-baru ini sejumlah penelitian menemukan kandungan nutrisi didalammnya seperti 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C. Selai itu, buah alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan makanan untuk otak.

Namun, bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat. Biji dan daun alpukat juga sering dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Misalnya untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala hingga diabetes.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Mengobati Sariawan
Ambil satu buah alpukat yang sudah masak, keruk daging buahnya kemudian diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. Ini merupakan cara yang enak untuk mengobati sariawan.

Mengatasi kulit wajah kering
Daging buah alpukat yang sudah matang dilumatkan sampai seperti bubur. Kemudian, adonan tersebut digunakan untuk masker, dengan cara mengoleskannya pada muka yang kering. Biarkan kurang lebih 2 jam, kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Sakit gigi berlubang
Ambil satu biji akpukat, kemudian ditumbuk hingga halus. Gunakan sedikit bubuk biji alpukat tersebut dan masukkan ke dalam gigi yang berlubang. Atau bisa juga menggunakan kapas dan dicocokkan ke dalam gigi yang berlubang.

Bengkak karena Peradangan
Biji buah alpukat dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk dari biji alpukat secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan adonan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.

Kencing manis
Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok, kemudian direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum airnya setelah dingin.

Rambut Berkilau
Haluskan sebuah alpukat matang, kemudian campur dengan yoghurt, sebutir telur, setengah sendok teh minyak rosemary dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian jadikan masker untuk rambut anda. Biarkan lebih kurang 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampoo.

Baca Artikel Lainnya, Manfaat Buah Sirsak


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *