7 Khasiat dan Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – 7 Khasiat Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan. Siapa sangka jika buah mungil dengan rasa super asam ini juga turut memberikan andil dalam kebutuhan nutrisi bagi kesehatan manusia. Tanaman yang memiliki nama latin Phylanthus Acidus ini memang sudah dikenal lama memiliki manfaat besar tak hanya buahnya melainkan juga daun dari buah cermai tersebut.

Bagi anda yang mau mencobanya bersiap-siap dengan rasa gigi yang akan agak sedikit ngilu setelah menggigit buah mungil yang satu ini, buah ini pada umumnya memang sering ditemui sebagai salah satu bahan dari petisan atau manisan namun ternyata saat ini olahan dari buah cermain juga tersedia dalam bentuk cair ya semacam dibuat juss.

Rasa asam pada buah cermai memang membuktikan ijika buah ini memiliki kandungan vitamin c yang sangat kaya, tak hanya itu kandungan air yang ada dibua cermain tergolong memliki kadar yang tinggi dan kaya akan serat.

Lantas bagaimana dengan daunya?

Salah satu kelebihan dari tanaman ini adalah tak hanya daunnya saja yang memiliki khasiat dan manfaat namun juga daun dari buah cermai juga konon memiliki khasiat tersendiri dalam menyembuhkan beberapa macam penyakit. Hal tersebut tentu diperoleh dari berberapa hasil study yang telah dilakukan mengenai daun cermai yang ternya mampu dijadikan sebagai penawar alami dalam mengobat racun baik racun serangga, hewan bahkan juga turut digunakan sebagai salah satu bahan untuk perawatan kulit.

7 Khasiat Manfaat Buah Cermai

7 Khasiat dan Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah CermaiDari hal tersebut peneliti mengungkapkan kandunga yang ada di daun cermai yang sangat banyak, kandungan tersebut seperti: air, karbohidrat, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, protein, lemak, dan serat. Manakala buah pula mengandungi serat, mineral dan vitamin C. Sedangkan untuk kandungan dari buah cermai per 100 gram porsi makan) adalah 28 kkal energi, 91,7 g air, 0,7 g protein, 6,4 g karbohidrat, 0,6 g serat kasar, kalsium 5 mg, 23 mg fosfor, 0,4 mg besi, 0,01 mg thiamin , riboflavin 0,05 mg dan 8 mg vitamin C.

Manfaat Buah Cermai

  • Mampu Mengatasi Sembelit

Caranya adalah siapkan biji cermai sekitar 3/4 sendok teh, lalu dicuci dan digulung hingga halus. Kemudian seduh dengan 1/2 air panas. Selagi hangat tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga rata lalu diminum sekaligus. Anda dapat meminumnya secara rutin sehari 2 kali.

Cara yang lain untuk mengobati sembelit adalah siapkan daun cermai sebanyak 3 gram, cuci lalu tumbuk hingga halus. Seduh dengan 1/2 gelas menggunakan air panas dan dinginkan. Anda dapat meminumnya dengan ampasnya.

  • Mampu Menyembuhkan Asma

Untuk mengobati asma, caranya adalah dengan mengambil sekitar 6 biji buah ceremai, campurkan dengan bawang merah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam dan 8 butir buah lengkeng. Semua bahan dicuci lalu ditumbuk. Rebus semua bahan dan biarkan sampai mendidih dari 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 1/2 gelas. Dinginkan dan minum dengan air gula secukupnya.

  • Mampu Menyembuhkan KanKer

Anda dapat menggunakan daun cermai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam dicampur dengan daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gula enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong. Rebus semua bahan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 3/4 bagian saja. Dinginkan lalu saring dan minumlah sehari tiga kali.

  • Mampu Merawat Tubuh Tetap Prpporsional

Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun cermai. Yang perlu diingat adalah obat ini bekerja sangat kuat, karena itu konsumsilah secara efisien hanya sesekali saja.

 


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *