7 Khasiat dan Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan. Seperti namanya buah durian memang nampak begitu menyeramkan karena dibalut dengan duri-duri tajam nan kulit yang begitu keras, namun siapa sangka jika buah yang memiliki nama latin “Durio Zibethinus” memiliki rasa yang lezat terlebih aroma yang ditawarkan juga sangat harum.

Buah Durian memang banyak sekali tumbuh subur di wilayah bertropis seperti Asia Tenggara khususnya Indonesia, buah inipun juga cukup populer tak hanya dikalangan masyarakat tanah air namun juga sudah menjadi buah bibir di seluruh dunia. Pasalnya menurut rumor yang beredar buah durian merupakan satu-satunya buah dengan kandungan kolesterol tinggi dari seluruh jenis buah yang ada.

Namun isu seputar kandungan kolesterol pada buah durian yang sudah berlangsung sejak jaman nenek moyang terpatahkan dengan banyaknya study yang dilakukan oleh beberapa peneliti yang telah membuktikan bahwa sebenarnya mitos seputar kandungan kolesterol tidaklah benar bahkan manfaat buah durian sangat besar sekali bagi kesehatan tubuh.

Mengenai rasa buah durian memang tak ada tandingannya bahkan aromanyapun juga turut menjadi sorotan, tak heran jika buah yang identik dengan duri-duri didinding luarnya dijuluki sebagai “Raja Buah”.

Tak hanya terkenal dengan rasa dan aromanya namun ternyata manfaat buah durian juga berguna bagi kesehatan tubuh. Ya Buah durian terbukti memiliki beberapa kandungan nutrisi yang mampu mensuplai kebutuhan akan vitamin bagi tubuh kita.

Bahkan nutrisi yang terkandung dalam buah durian merupakan nutrisi paling banyak dibutuhkan oleh tubuh dibanding buah lain. Hal tersebut juga turut didukung dengan beberapa penelitian dan penulis dari negara Gajah Putih Thailand dimana kandungan nutrisi dari buah durian diibaratkan sebagai hotel berbintang lima yang mana buah ini memang memiliki kadar nutrisi sangat tinggi jumlahnya.

Maka dari itu tak heran jika manfaat buah durian sangat berguna bagi kesehatan tubuh mengingat kandungan nutrisinya yang tinggi. Salah satu kandungan terpenting dari buah durian adalah Vit B, C, Zat Besi serta Fosfor yang sangat berguna bagi kesehatan tulang ditubuh kita.

Kandungan Nutrisi Buah Durian

Berikut beberapa kandungan nutrisi buah durian yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, vit B, vit C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein.

Bahkan sebagian orang percaya jika manfaat buah durian mampu meningkatkan vitalitas kaum pria serta mampu menjaga kebugaran tubuh. Hal tersebut dikarenakan oleh kandungan zat yang terdapat di buah durian yang memang menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kebugaran tubuh kita.

Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Dari kandungan diatas wajar saja jika buah durian ini memiliki begitu banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat umum dari buah durian:

Mampu Melancarkan BAB

Karena mengandung serat tinggi, menambahkan durian dalam menu harian dapat membantu menormalkan proses pencernaan dan melancarkan BAB.

Menjaga Kebugaran Tubuh

Salah satu cara tercepat untuk menangani hangover adalah dengan membuat durian milkshake, dengan campuran madu. Durian akan menenangkan perut, madu akan menaikan kadar gula darah, sementara susu akan me-rehidrasi sistim tubuh.

Mampu Meredakan Nyeri Lambung

Durian memiliki efek antacid alamiah pada tubuh, apabila anda mengalami nyeri perut, cobalah makan durian untuk meredakannya.

Mampu Menghindari Mual (Morning Sickness).

Makan durian diantara makanan pokok membantu menjaga kadar gula darah dan menghndari morning sickness.

Mengurangi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Sebelum anda menggunakan krim gigitan nyamuk, coba dulu gosok kulit yang digigit nyamuk dengan bagian dalam kulit durian. Banyak orang mendapati hal ini sebagai cara yang luar biasa dan berhasil untuk mengurangi bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk.

Mampu Memperbaiki System Syaraf

Durian mengandung vitamin B yang tinggi yang dapat membantu memperbaiki system syaraf anda.

Mampu Menjaga Berat Badan Tubuh

Studi di the Institute of Psychology di Austria menunjukkan bahwa tekanan pekerjaan mendorong orang banyak makan dan ngemil. Satu hasil kajian menyimpulkan bahwa untuk menghindari ngemil akibat stress, kita perlu makan makanan berkadar karbohidrat tinggi setiap 2 jam untuk menjaga kestabilan. Durian merupakan buah berkadar karbohidrat 20% hingga 39%.

Terlepas dari semua khasiat manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh tentunya diri sendirilah yang mampu mengontrolnya, bahkan sesuatu yang bermanfaatpun akan berakibat fatal jika digunakan secara berlebihan.

Sebenarnya banyak sekali buah yang turut bermanfaat bagi kesehatan tubuh namun durian memang memiliki kandungan nutrisi tertinggi diantara buah lainnya, namun jika pembaca ingin mengetahui kandungan dari buah-buahan lainnya mungkin informasi dibawah ini dapat dijadikan salah satu referensi untuk anda.

Baca Juga “Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *