7 Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan. Berbicara mengenai buah memang takkan pernah habisnya, pasalnya semua pasti memiliki kelebihan tersendiri serta kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita ini meskipun dengan nilai kadar yang berbeda seperti halnya buah mangga.

Siapa yang tak kenal dengan buah mangga?, Sepertinya hampir seluruh masyarakat tanah airpun mengenal dengan buah yang memiliki rasa manis asem dan dibalut dengan kulit hijau berwarna harum.

Buah ini juga biasa disebut Pelem (dalam bahasa Jawa) atau yang dalam bahasa latin Mangifera Indica, buah ini memang termasuk bauh favorit dikalangan hampir seluruh lapisan masyarakat, hal ini tak terlepas dari banyaknya serat daging yang terkandung didalamnya.

Mengenai asal-usul, buah ini sebenarnya meurpakan tanaman asli dari Birma dan India, namun kini kita dapat temui di hampir semua ramah atau bahkan pekarangan rumah kita.

Di Indonesia sendiri buah mangga memiliki banyak jenis, seperti halnya Mangga Kerikil, Mangga Arumanis, Mangga Apel, dan masih banyak lagi varian mangga yang kesemuanya juga memiliki manfaat. Bahkan saat ini mangga termasuk dalam kategori buah yang memiliki kandungan yang berlimpah , oleh karenya buah mangga memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh kita.

Buah mangga sangat dikenal dengan kandungan vitamin c yang melimpah serta nutrisi penguat lainnnya sebagai pemegang peranan kesehatan.

Khasiat Manfaat Buah Mangga

7 Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Gizi Nasional dari Kementrian Kesehatan RI, Buah Mangga terbukti memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah seperti halnya, Vitamin C 27,7 mg (46%), Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Kalium 156 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Protein 0,51 g, Seng 0,04 mg (0%), Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Karbohidrat 17,00 g, Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Gula 14,8 g, Fosfor 11 mg (2%).

Manfaat Buah Mangga

Melihat banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah mangga, sudah dapat dipastikan jika buah yang satu ini menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, untuk itu simak selengkapnya.

Mampu Menurunkan Kolesterol

Salah satu kemampaun dari buah mangga adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah berkat kandungan Vitamin C, kaya akan serat serta senyawa Pectin.

Mampu Mencegah Serangan Kanker

Tak hanya kaya akan vitamin c, buah mangga rupanya juga turut dibekali senyawa antioksidan, yang sangat membatu manusia dalam mencegah hadirnya penyakit kanker maupun leukemia.

Mampu Memelihara Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada buah mangga bermanfaat untuk mencegah mata kering dan menjaga kejernihan mata.

Mampu Menjaga kadar insulin

Manfaat buah mangga dapat membantu kadar insulin agar tetap normal. Kandungan indeks glikemik pada buah mangga sangat rendah sehingga tidak membahayakan bagi penderita diabetes.

Mampu Menurunkan Panas Dalam

Dengan mengkonsumsi jus mangga dapat mendinginkan tubuh, terutama ketika cuaca sedang sangat panas yang bisa mengikibatkan keletihan

Mampu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C dan kadar karotenoid pada buah mangga berkhasiat meningkatkan sistem imun tubuh.

Mampu Membersihkan Wajah

Manfaat buah mangga juga bisa untuk kecantikan, yaitu mampu menghilangkan jerawat dan membersihkan pori-pori. Cara pemakaiannya bisa dikonsumsi atau juga bisa dengan cara penggunaan luar.

Nah bagaimana, berminat untuk mencobanya?

Demikian informasi seputar 7 khasiat dan manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat. Kesehatan tubuh merupakan hal penting yang harus dijaga pasalnya terkadang kita mengabaikan hal kecil yang ada disekeliling kita yang jauh lebih murah dalam hal mensuplai nutrisi ke tubuh kita, salah satunya dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

Buah mangga merupakan salah satu alternatif utama sebagai sarana sumber nutrisi bagi tubuh kita, selain murah rasanya yang manis dengan tekstur lembut membuat semua orang menyukainya, namun tetap masih saja ada yang tak menyukai buah ini. Nah bagi anda yang masih ingin tau informasi seputar khasiat dan manfaat buah silahkan simak terus ulasan di HarianLampung.co.id.

Manfaat Buah Delima


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *