7 Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan. Bagi anda masyarakat tanah air mungkin sudah tak asing lagi dengan buah yang memiliki ciri khas duri yang mengelilingi seluruh bagian buah bahkan juga daunnya. Buah nanas memang bukanlah asli berasal dari Indonesia melainkan dari salah satu negara di Benua Amerika yakni Brazil.

Kini buah nanas telah tersebar hampir seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia, bahkan saat ini Buah Nanas menjadi salah satu buah yang memiliki prospek yang menjanjikan tak heran jika banyak sekali hamparan perkebunan nanas di seluruh tanah air.

Lantas apa sebenarnya yang menjadikan buah nanas menjanjikan?

Salah satunya adalah khasiat dan manfaat buah nanas yang memang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita, bahkan dijaman dahulu buah nanas dipercaya memiliki kemampuan untuk mengobati beragam macam penyakit yang salah satunya adalah obat diare atau sakit perut.

Hal tersebut juga didukung dari beberapa study yang dilakukan oleh banyak study yang menemukan banyaknya kandungan yang terdapat di buah nanas sehingga khasiat dan manfaat buah nanas terlihat jelas memiliki dampak yang besar bahkan bagi kesehatan tubuh manusia sekalipun.

Buah nanas atau yang memiliki nama latin (Ananas comosus (L.) Merr.) terbukti memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yang paling banyak adalah kandungan vitamin c yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tak hanya itu manfaat buah nanas juga semakin terlihat dari kandungan zat antioksidan yang jarang terdapat dijenis buah lainnya, dan zat tersebut memegang peranan vital dalam menyehatkan tubuh baik jiwa maupun raga.

Khasiat dan manfaat buah nanas lainnya adalah sebagai salah satu bahan kosmetik, ya zat antioksidan dan beberapa kandungan zat atau senyawa lainnya mampu dikonversi sebagai bagian dari bahan yang akan digunakan sebagai alat untuk mempercantik kulit wajah.

Nah bagi anda yang mungkin masih penasaran atau tengah mencari informasi seputar khasiat dan manfaat buah nanas, mungkin informasi dibawah ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk anda, berikut informasi lengkapnya.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

1. Mampu Mengobati Cacingan

Percaya ataupun tidak, manfaat buah nanas yang paling terasa adalah mampu mengobati dari cacingan. Hal tersebut dilakukan dengan menyiapkan satu buah nanas muda yang diambil sarinya guna diminumkan ke si penderita.

2. Mampu Mengatasi Lambung Terasa Penuh (Begah)

Permasalahan seputar alat pencernaan memang sudah menjadi masalah klasik dalam tubuh manusia, namun hal tersebut bukanlah menjadi beban yang menakutkan karena dengan buah nanaspun permasalahan seputar pencernaan dapat diatasi. Cara mengatasinya dengan minum jus nanas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (kurang lebih 150 cc). Lakukan pengobatan ini 1/2 jam sebelum makan.

3. Mampu Menghaluskan Makanan

Nanas juga terbukti memiliki kandungan enzim bromelain yang sangat membantu menghaluskan makanan di dalam lambung sehingga sangat membantu dalam proses pencernaan. Bahkan manfaat nanas jika dilihat dari kandungan ezim tersebut juga turut mampu menghambat sel-sel kanker ganas.

4. Mampu Mencegah Kanker

Seperti yang telah dikatakan dipoint 3, kandungan enzim bromelain dan zat antioksidan serta nutrisi yang lain terbukti ampuh dalam menghambat penyakit kanker dan berguna sebagai sel anti radang dalam tubuh atau biasa disebut antibody.

5. Mengobati Radang Tenggorokan
Sakit tenggorokan mengganggu aktifitas anda? Kupas 2 buah nanas yang telah masak, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul, sehari 3 kali, setiap kali cukup 1/3 bagian.

6. Obat Beri-beri
Manfaat buah nanas yang lainnya adalah mengobati penyakit beri-beri. Caranya, kupas 2 buah nanas yang sudah masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya sekaligus. Sebaiknya diminum pagi atau siang hari sesudah makan.

7. Peradangan di kulit (dermatitis)
Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas, baik di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

Manfaat buah nanas saat ini memang tak hanya sebatas tujuh point diatas, pasalnya kini buah nanas banyak diolah sebagai salah satu olahan makanan dengan cita rasa yang lezat dan sangat digemari oleh hampir seluruh masyarakat tanah air.

Hasil olahan buah nanas yang biasa menjadi konsumsi masyarakat adalah petisan/lutisan, bahan campuran pindang, juss nanas, selai nanas dan masih banyak lagi olahan dari buah berduri serta manfaat buah nanas.

Baca Juga, Manfaat Buah Sirsak


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *