7 Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan. Pepaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali fungsi tak hanya dibagian buahnya saja namun hampir seluruh bagian dari tanaman yang konon berasal dari Meksiko ini memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Sebelum mengetahui kandungan dan manfaat buah pepaya mari simak terlebih dahulu mengenai asal usul buah yang identik tumbuhan tanpa cabang dengan rasa yang manis.

Menurut beberapa informasi yang dikutip HarianLampung.co.id dari Wikipedia, Buah Pepaya konon berasal dari salah satu negara di Benua Amerika yakni negara Meksiko. Buah pepaya juga memiliki nama latin yakni “Carcia” yang berarti pepaya gunung, hal ini terlebih karna buah yang identik dengan rasa manis dengan kaya akan kandungan air sudah banyak tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kates atau buah pepaya (Saapaan orang jawa), memang terbukti memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut diperkuat dengan beberapa hasil penelitian yang membuktikan manfaat buah pepaya dengan banyaknya kandungan nutrisi didalamnya.

Bahkan seperti yang telah dicuplik pada tulisan diatas, tanaman/tumbuhan ini tak hanya bermanfaat dari sisi buahnya saja namun hampir seluruh bagian tanaman ini mampu bermanfaat bagi manusia seperti bagian daun, getah, bunga, maupun batang. Salah satunya adalah getah pepaya yang bermanfaat sebagai bahan papain dimana papain digunakan untuk melunakkan daging.

Manfaat buah pepaya bagi kesehatanpun rasanya juga tak perlu diragukan lagi pasalnya kandunga nutrisi didalam buah pepaya tergolong sangat banyak seperti halnya, Kalori, Karbohidrat, Serat, Vitamin A, B6, C, E, K, Asam Folat, Koli, Kalsium, Kalium, Magnesium, Zat Besi dll.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Berdasarkan penelitian terhadap kandungan nutrisi pada buah pepaya terlihat jelas bahwa buah ini sangat memiliki manfaat bagi manusia. Lalu apa saja manfaat buah pepaya? Oke, simak berikut ini:

•    Menjaga kesehatan indera penglihatan
•    Meningkatkan daya tahan tubuh
•    Mengatasi masalah BAB
•    Detoksifikasi / menyerap dan mengeluarkan racun dalam tubuh
•    Mencegah penuaan dini
•    Baik untuk penderita diabetes
•    Mencegah beberapa jenis kanker
•    Menjaga keindahan kulit dan rambut
•    Sangat baik untuk program diet

Tak hanya itu buah pepaya juga dapat dimasak sebagai alternatif sayuran, daging buah muda dapat ditumis dan dijadikan aneka olahan makanan. Untuk daunnya, sudah sejak lama masyarakat Indonesia menggunakan daun pepaya sebagai salah satu makanan favorit yaitu sebagai lalapan. Sedangkan untuk getah dari pepaya digunakan sebagai bahan pelunak daging serta mengubah konformasi protein laiinya karena didalam getah tersebut mengandung enzim papain.

Baca Artikel Lainnya, “Manfaat Buah Durian


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *