7 Khasiat dan Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.idKhasiat dan Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan. Satu lagi jenis buah yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh adalah Semangka. Ya Semangka atau nama lainnya yakni buah tembikai merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan airnya, tak heran jika buah ini menjadi salah satu buah favorit terlebih ketika musim kemarau karena memang rasa manis dan kandungan airnya mampu menghilangkan dahaga dan panas diseluruh tubuh.

Buah Semangka sejatinya bukan berasal dari Indonesia asli melainkan buah ini berasal dari salah satu gurun di benua afrika. Namun kini buah semangka sudah menjadi tanaman budidaya dan hampir tersebar diseluruh wilayah nusantara. Sekilas buah semangka memang mirip dengan buah labu, melon ataupun mentimun, ya hal tersebut lebih dikarenakan buah semangka masih dalam satu keluarga dengan jenis buah-buahan tersebut.

Namun taukah anda jika waran yang terdapat dibuah semangka merupakan pertanda jika buah ini merupakan jenis buah dengan kadar nutrisi dan vitamin yang tinggi?

Ya buah semangka memang sangat identik dan kaya akan vitamin C, warna merah yang ada didalam buahnya merupakan ciri utama serta kaya akan serat, tak heran jika buah semangka serin dijadikan hidangan penutup atau yang lebih dikenal dengan cuci mulut.

Manfaat buah semangka memang sangat banyak sekali disisi mengandung vitamin C dan kaya akan serat ternya semangka juga turut mengandung beberapa unsur nutrisi lainnnya yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Bahkan menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, buah semangka terbukti memiliki kandungan zat antioksidan yang belum tentu ada di jenis buah lainnya, hal tersebut tentu semakin menguatkan manfaat buah semangkat bagi kesehatan tubuh manusia.

Seperti yang diketahui zat antioksidan memang merupakan salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dimana zat tersebut mampu mengatasi keriput diwajah atau menghambat penuaan dini.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Manfaat buah semangka tak hanya dibagian dagingnya saja namun bagian kulit dan bijinya juga turut menyimpan khasiat dan manfaat yang besar bagi tubuh kita, berikut beberapa khasiat dan manfaatnya.

Manfaat Kulit Buah Semangka

Taukah anda jika kulit buah semangka juga turut memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, ya menurut penelitian yang telah dilakukan kulit buah semangka terbukti mampu mengobati penyakit ginjak, kencing manis, migren, mencegah kerontokan rambut dan bahkan kulit semangka sekarang dijadikan sebagai salah satu bahan kosmetik sebagai penghalus kulit dan flek hitam diwajah.

Manfaat Daging Buah Semangka

Daging buah semangka digunakan untuk pengobatan: pingsan karena udara panas (heatstroke), rasa letih, demam, haus disertai mulut kering, napas berbau, air kemih warnanya gelap dan kuning tua, nyeri sewaktu kencing, perut kembung karena banyak gas, susah buang air besar (sembelit), sakit tenggorokan, sariawan, hepatitis, tekanan darah tinggi (hipertensi),keracunan , asam urat tinggi, dan menghilangkan kerutan di wajah.

Sementara biji buah semangka biasa digunakan sebagai obat untuk susah buang air besar selama hamil atau usia tua, radang hati, radang selaput lendir usus, infeksi kandung kemih, kurang darah (anemia), membasmi cacing usus, dan busung lapar.

Tak cukup sampai disitu, manfaat buah semangka juga turut mampu melindungi jantung kita agar tetap sehat serta menjaga kesehatan mata, berikut selengkapnya.

Mampu Menjaga Jantung Agar Lebih Sehat

Kandungan likopen yang ada di buah semangka menjadi buah ini sangat bagus dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan organ jantung yang kita miliki.

Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Tak dapat dipungkiri jika buah semangka mengandung banyak sekali vitamin salah satunya vitamin A yang sangat berguna bagi kesehatan mata terlebih kadar betakaroten yang tinggi sehingga akan ditransformasikan menjadi vitamin A.

Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Seperti yang telah dicuplik dibagian awal artikel, buah semangka terbukti memiliki kandungan vitamin C oleh karenanya buah ini berwarna merah. Vitamin C yang terkandungan dalam buah semangka mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh kita menjadi lebih kebal terhadap penyakit maupun perubahan cuaca yang ekstrim.

Perlindungan Dari Radikal Bebas.

Berbagai asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang terhirup dapat memicu masuknya radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh anda. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh seseorang.

Memperkuat Tulang Tubuh.

Ini dikarenakan, semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium. Kalium ini berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.

Organ Ginjal Yang Lebih Sehat.

Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di didalam tubuh.

Mengurangi Lemak Pada Tubuh.

Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda.

Baca Artikel Lainnya, “Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *