7 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan. Pernah mencoba membedakan antara buah sirsak dengan buah srikaya, ya sekilas buah sirsak memang terlihat seperti srikaya karena sama-sama dibalut dengan duri kecil tak seperti buah durian yang cenderung berduri besar dan kuat.

Buah sirsak juga lebih dikenal sebagai nangka sebrang atau durian betawi, konon buah yang satu ini berasal dari benua amerika tepatnya di Pulau Karibia yang dibawa oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke wilayah nusantara. Kini buah sirsak tumbuh subur hampir seluruh wilayah Nusantar karena tanaman yang satu ini mampu tumbuh disembarang tempat asal memiliki kadar air yang cukup.

Menurut beberapa sumber seperti Wikipedia, Buah sirsak termasuk kedalam buah bukan sejati hal tersebut lebih dikarenakan karena buah sirsak bukanlah buah utuh melainkan sekumpulan buah dengan biji kecil yang saling berhimpitan dalam jumlah banyak kemudian dilapisi kulit berduri dibagian luarnya. Meskipun demikian bukan berarti buah ini tak memiliki manfaat, justru buah ini menyimpan banyak sekali khasiat dan manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat buah sirsak memang sudah dipercaya oleh nenek moyang sejak dahulu sebagai salah satu sumber pengobatan herbal baik buahnya maupun daunya. Hal tersebut juga turut diperkuat dengan berbagai penelitian yang telah dilakukan terhadap buah yang memiliki nama latin “Annona Muricata L”.

Hasil penelitian terhadap buah sirsak membuktikan adanya kandungan nutrisi dan beberapa senyawa yang mampu menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari beragam macam penyakit salah satunya adalah penyakit kanker.

Buah Sirsak lebih didominasi oleh banyaknya nutrisi seperti glukosa dan fruktosa yang mecapai 81 perseb, serta vitamin C, fosfor, kalsium, sodium, potasium, serta serat yang mencapai 3,3 g per 100 g daging buah.

Namun penelitian baru-baru ini menemukan salah satu senyawa kimia yang aktif dan cenderung bermanfaat bagi tubuh manusia yakni salah satunya bermanfaat sebagai pembunuh sel kanker usus besar. Bahkan zat kimi tersebut mampu secara aktif membunuh hingga 10.000 kali sel-sel yang siap menggerogoti usus besar.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Tak hanya sebagai pembunuh aktif untuk sel kanker di dalam usus besar, namun buah sirsak rupanya memiliki khasiat lainya untuk mengobati beberapa macam penyakit, berikut beberapa manfaatnya.

Mencegah Kanker

Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

Melancarkan buang air kecil

Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Meningkatkan Energi

Jika Anda merasa tak bergairah, cobalah mengonsumsi buah sirsak. Selain aroma segar yang bisa membuat mood Anda kembali bergairah, buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi Anda.

Meredakan Migrain

Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.

Manfaat Biji Buah Sirsak

Tahukah Anda, Ladies, bahwa tidak hanya daging, biji buah sirsak pun berguna untuk menjaga kesehatan Anda? Biji sirsak ternyata mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.

Baca Juga Ya, “Manfaat Buah Manggis


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *