7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – 7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan. Daun yang satu ini memang tak pelu diragukan lagi akan kemampuannya dalam menyembuhkan beberapa penyakit, bahkan juga digunakan sebagai salah satunya campuran dalam menjaga kecantikan bagi kaum hawa.

Indonesia memang surga bagi tanaman herbal yang memiliki banyak sekali kandungan zat yang memiliki kemampuan diatas dan salah satunya adalah Daun Sirih.Tentunya anda pernah mendengar kata “Nginang”, Ya nginang merupakan salah satu kebiasaan nenek moyang kita untuk membersihkan dan menjaga gigi agar tetap sehat yang salah satunya berbahan daun sirih dicampur dengan kapur, pinang. ataupun gambir.

Mitos seputar daun sirih mampu merawat kesehatan gigi memang terbukti dengan sejumlah penelitian yang telah dilakukan dan bahkan daun yang memiliki nama latin Piper Betle, Linn juga memiliki kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Tak heran jika daun sirih kini menjadi tanaman budidaya yang turur dijadikan sebagai salah satu ramuan herbal, bahkan para kaum hawa justru lebih dekat dengan daun ini karena memang memiliki kemampuan dalam menjaga kecantikan dan kesehatan baik dari dalam maupun dari luar.Berikut beberapa khasiat dan manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Dari hasil beberapa study yang telah dilakukan, daun sirih terbukti memilik kandungan antseftik dan fenol yang memiliki kemampuan dalam mengobati beberapa jenis penyakit. Nah bagi anda yang penasaran dengan khasiat daun sirih silahkan disimak yang berikut ini.

Mampu Mengatasi Keputihan

Bagi kaum hawa masalah keputihan mungin sudah menjadi problem klasik yang tentunya bakal dialami oleh setiap wanita, jadi tak heran jika daun ini lebih disebut dengan daunnya wanita.

Pasalnya kandungan antiseftiknya memang terbukti ampuh dalam menjaga organ kewanitaan dari sumber penyakit dan bahkan keputihan yang sering dialami oleh para kaum hawa.

Mampu Mengobati Mimisan

Pernahkah anda mimisan?, tentunya tak kan jauh-jauh dengan daun sirih. Ya daun sirih memang terbukti ampuh dalam menyumbat darah yang keluar dari hidung.

Mampu Membuat Jantung Lebih Sehat

Satu hal lagi kegunaan daun sirih yang sangat istimewa yakni mampu menjaga kesehatan jantung, hal ini memang tak terlepas dari beragam kandungan yang ada didaun sirih.

Cara menggunakannya pun juga cukup mudah yakni sediakan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

Mampu Mengobat Iritasi Pada Mata

Tentunya ketika kita sedang mengatasi masalah dengan indra penglihatan baik terkena debu maupun buram terkadang orang tua kita menyuruh untuk menggunakan daun sirih sebagai alternatif penyembuhaannya.

Caranyapun juga cukup mudah yakni rebus 6 lembar daun sirih yang masih muda ke dalam satu gelas air. Hasil rebusan setelah dingin kemudian digunakan untuk mencuci mata sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Mampu Mengobati Penyakit Bronkitis

7 lembar daun sirih dihaluskan kemudian dicampur dengan 1 buah gula batu dan rebuh ke dalam dua gelas air sampai tersisa setengahnya. Hasil rebusan tersebut kemudian disaring dan diminum sebanyak 3 kali sehari dengan sekali minumnya adalah tiga sendok makan.

Nah bagaimana, meski bentuknya yang mungil namun bukan berarti tak memiliki kegunaan, justru daun sirih terbukti memiliki kandungan yang luar biasa dalam mejaga kesehatan tubuh kita diantaranya yang telah dipaparkan ditas. Lantas akankah anda mencobanya?


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *