7 Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Manfaat jeruk nipis memang sudah tak bisa diragukan lagi dalam mengobati beberapa macam penyakit khususnya penyakit batuk.

Ya mungkin anda yang dahulu pernah tinggal didesa dan terserang batuk, hal pertama yang dilakukan adalah mencari jeruk nipis yang diambil airnya lalu dicampur dengan kecap sebagai pereda sekaligus mengobati batuk. Hal tersebut memang terbukti dari banyaknya penelitian yang telah dilakukan terhadap buah yang memiliki rasa asam ketimbang jenis jeruk pada umumnya.

Bahkan sebenarnya buah jeruk nipis tak hanya sebagai pereda maupun obat batuk semata, melainkan masih banyak lagi khasiat yang tersimpan didalamnya. Segudang manfaat jeruk nipis memang tak terlepas dari banyaknya kandungan nutrisi didalam buah yang memiliki ciri warna hijau dengan ukuran diameter 3-4 cm.

Ciri rasa asam pada jeruk nipis menandakan jika buah ini memiliki kandungan vitamin c yang sangat tinggi, terlebih diluar kandungan asam sitrat dan asam amino yang menyebabkan buah ini terasa sangat asam.

Kini buah jeruk nipis juga turut dimanfaatkan sebagai salah satu altenatif dalam memelihara kecantikan khususnya bagi kaum hawa, tak jarang buah mungil ini dijadikan sebagai salah satu campuran masker muka untuk menghilangkan kerutan, komedo, maupun mengangkat sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit tampak tak sehat.

Lantas apa saja sebenarnya manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh manusia?

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Meningkatkan AntiBodi Tubuh

Kandungan vitamin c yang sangat kaya di jeruk nipis memang sangat bermanfaat untuk meingkatkan sistem kekebalan tubuh, terlebih tubuh sangat mudah diserang penyakit saat kekuarang vitamin c seperti flue, batuk dll.

Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

Selain kaya akan vitamin c, jeruk nipis juga turut mengandung zat antioksidan yang tentunya sangat baik bagi kesehatan kulit. Zat tersebut menjaga kulit kita dari pancaran sinar radiasi yang semakin lama semakin membahayakan.

Menghilangkan Bau Nafas

Kandungan asam yang ada dibuah jeruk menjadikan nafas kita nampak segar dan terhindar dari yang namanya bau mulut karena memang keasaman yang tinggi menyebabkan zat tersebut tertinggal di rongga mulut maupun lidah dan membuat bakteri maupun plak memudar.

Menjaga Elastisitas Kulit

Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, namun buah jeruk rupanya mampu menjaga keseimbangan dari sisi keelastisitasan kulit karena banyak mengandung kolagen didalam buah jeruk yang terkenal akan rasa asamnya.

Mencerahkan Kulit Khususnya Disudut

Problem klasik yang sering dialami tak hanya kaum hawa saja namun juga kaum pria yakni dimana warna kulit dibagian sudut seperti siku nampak tak secerah bagian lainnya, nah dengan buah jeruk nipis ini kulit sudut kita bisa tambak seimbang bahkan nampak lebih cerah dari yang lain.

Mengurangi Minyak Diwajah

Jangan salah, seperti yang telah dicuplik diatas buah jeruk rupanya sangat ampuh dalam urusan menghilangka jerawat. Hal ini dimulai dari berkurangnya minyak diwajah saat digunakan sebagai masker dan sekaligus mengangkat sel kulit mati maupun komedo diwajah.

Nah bagaiman, tertarik untuk mencoba?


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *