7 Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Manfaat Kunyit mungkin baru sebatas sebagai salah satu rempah-rempah yang dijadikan bumbu didapur, namun padahal khasiat kunyit sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Pernahkah terbayangkan dibenak kita mengenai warna yang terdapat pada kunyit. Ya kunyit memang memiliki warna identik, namun warna tersebut rupanya menyimpan rahasia yang memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh kita.

Warna kulit yng terdapat pada kunyit merupakan ciri bahwasanya kunyit mengandung senyawa kurkumi yang terdiri dari zat antioksidan antiiflamasi yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Tentunya kita semua sudah tau kebutuhan tubuh kita akan zat antioksidan yang mampu melindungi kulit tubuh dari pancaran sinar matahari secara langsung serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Bahkan menurut para penilit, senyawa kurkumi yang terkandung didalam kunyit memiliki manfaat yang besar yakni sebagai zat anti kanker.

Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma Domestika Val memang sudah dikenal lama sebagai salah satu obat herbal oleh nenek moyang kita. Bahkan menurut penelitian yang telah dilakukan ditahun 19889, kunyit memiliki kemampuan dalam mengobati masalah pencernaan.

Begitu banyak kandungan yang terdapat pada tanaman kunyit, tak pelak jika khasiat dan manfaat kunyit begiut besar bagi kesehatan tubuh kita. Lantas apa saja manfaatnya?

Khasiat dan Manfaat Kunyit

7 Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Mampu Mencegah Serangan Jantung

Manfaat kunyit yang pertama adalah mampu mencegah serangan jantung masuk ke tubuh kita, hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan sejak 2012.

Tiga hari sebelum operasi, sebagian pasien meminum kapsul kurkumin, sementara sisanya meminum pil plasebo. Hasilnya, 30 persen pasien yang diberi pil plasebo mengalami serangan jantung, dan hanya 13 persen pasien yang meminum kurkumin mengalami serangan jantung. Meski kurkumin tidak digunakan sebagai pengganti obat-obatan, peneliti menemukan bahwa kurkumin sebagai antioksidan dan anti-inflamasi membuat pasien yang operasi bypass lebih rendah 65 persen terkena serangan jantung. sumber (Kompas.com)

Mencegah Diabetes

Salah satu inovasi yang dilakukan didunia kesehatan dengan memanfaatkan kunyit adalah dengan membuat sebuah kapsul yang dinamakan kurkumin yang terbut 100% dari kunyit, hasilnya berdasarkan study kapsul tersebut mampu menghambat penderita diabetes ke jenjang selanjut.

Mampu Melawan Kanker

Seperti yang telah dicuplik diatas, senyawa kurkumin memang menjadi salah satu kandungan yang terdapat di kunyit yakni mampu menyembuhkan penyakit kanker.

Kurkumin dapat mengganggu pertumbuhan atau perkembangan sel kanker. Kurkumin juga dipercaya dapat mencegah penyebaran sel kanker. Menurut American Cancer Society, kurkumin bahkan mampu membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor, serta meningkatkan efek kemoterapi pada hewan. Namun, penelitian pada manusia masih tahap awal.

Mencegah Terjadinya Infeksi

Patogen seperti virus Coxsackie B4 dikatakan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, anti-bakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah infeksi ini yang pada akhirnya mengobati diabetes dan mengontrolnya.

Menjaga Kesehatan

Makanan yang kita makan berpotensi dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Setiap hari kita makan makanan yang memiliki sifat korosif, dan dapat membahayakan dinding lambung dan usus. Kunyit akan membantu dengan mengurangi efek ini dengan cara meningkatkan lendir pada dinding lambung dengan bertindak sebagai lapisan pelindung.


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *