7 Khasiat dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – 7 Khasiat dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Siapa yang tak kenal akan madu?, ya madu memang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki kemampuan tak hanya bagi manusia namun juga menandakan keseimbangan ekosistem yang masih terjaga dengan baik.

Madu memang menjadi salah satu bahan makanan yang paling diminati oleh semua kalangan, tak hanya karna rasanya yang manis nan lezat namun khasiat dan manfaat madu yang begitu besar bagi kesehatan tubuh menjadi salah satu fator utama dimana banyak sekali orang yang ingin mengkonsumsi madu.

Bahkan dalam Islam turut dijelaskan bahwa obat dari segala macam peyakit hanyalah dengan meminum madu. Hal tersebut juga turut dibuktikan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, dimana madu memang memiliki kandungan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh serta mengobati beragam macam penyakit.

Tak cukup sampai disitu, kini madu juga menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam campuran kosmetik karena memang madu terbukti mengandung senyawa humektan yang sangat berguna bagi kulit agar tambah sehat bebas dari kerutan.

Ditinjau dari kecantikan, madu juga memiliki peran yang sangat besar bagi kecantikan tubuh khsusunya kaum hawa. Banyak sekali para kaum hawa yang menggunakan madu sebagai salah satu alternatif dalam mengencangkan kulit, menghilangkan plak maupun komedo, serta mengatasi jerawat.

Lantas apa saja manfaat madu secara keseluruhan.?

Khasiat dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Meringankan Morning Sickness Saat Hamil

Madu bermanfaat untuk memodulasi sistem kekebalan tubuh dan mencegah terulangnya infeksi. Mengonsumsi madu secara teratur dapat menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Menguatkan Tulang

Makan madu juga dapat menguatkan tulang Anda sebab madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium. Madu juga membantu meningkatkan jumlah hemoglobin untuk melawan anemia.

Menurunkan berat badan

Kombinasi madu dan air hangat bisa membantu membakar lemak. Karenanya, minumlah segelas ramuan ini setiap pagi agar Anda bisa menurunkan timbunan lemak ekstra dalam tubuh.

Menjaga Pergerakan usus

Minumun campuran madu dengan air hangat bisa membantu untuk menjaga pergerakan usus secara teratur. Selain itu saat pergerakan usus sangat halus, secara tak langsung ia membantu membersihkan usus besar dari toksin.

Meningkatkan Energi Tubuh

Madu memberi Anda energi tetapi tak membuat Anda gemuk. Karena itu, idealnya Anda harus meminum minuman sehat ini setiap pagi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Madu memiliki banyak sifat antibakteri dan anti-jamur. Itu sebabnya, minuman ini membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat. Selain itu, meminum campuran madu dan air hangat juga bisa membantu mendapatkan kulit yang cerah dan sempurna. Baca juga artikel mengenai cara menjaga kesehatan kulit.

Menjadi Sumber Karbohidrat

Siapa sangka madu mengandung karbohidrat murni yang bisa memberikan energi kepada tubuh? Jika Anda terbiasa untuk menikmati minuman berenergi saat merasa lelah atau bangun tidur, cepat ubah konsumsi Anda menjadi madu untuk menggugah energi dan menyegarkan tubuh.

Menjadi Antiseptik

Selain radang tenggorokan, khasiat madu yang mampu membunuh bakteri juga ampuh digunakan sebagai antiseptik pada luka luar. Madu dianggap menjadi salah satu obat pertolongan pertama yang mengobati luka terbakar maupun teriris benda tajam. Selain itu, madu adalah agen anti-inflamasi yang mencegah radang dan pembengkakan.

Sebenarnya manfaat madu tak hanya yang telah disebutkan diatas, namun masih banyak lagi kegunaan maupun khasiatnya. Madu memang seakan telah ditakdirkan menjadi obat tunggal bagi segala macam penyakit. Namun jangan salah mengkonsumsi madu berlebihan juga sangat tidak dianjurkan.


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *