7 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – Khasiat Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan. Buah pace merupakan salah satu sebutan untuk buah yang konon berasal asli dari Indonesia ini. Buah mengkudu memang memiliki nama yang berbeda-beda sesuai dengan daerah di tanah air.

Morinda Citrifolia menjadi nama latin dari buah yang memiliki khasiat dan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh kita, hal tersebut lebih dikarenakan kandungan nutrisi yang ada dibuah mengkudu sangat melimpah.

Bahkan buah mengkudu sudah dikenal sejak dahulu sebagai salah satu buah yang memiliki khasiat dalam menyembuhkan beragam masalah penyakit baik ringan maupun penyakit mematikan.

Manfaat buah mengkudu yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit gondokan atau leher besar, hingga saat ini belum ada laporan ilmia terkait mitos tersebut. Ya menurut kepercayaan jika seseorang terjangkit penyakit godongan maka obatnya adalah buah mengkudu yang dibuat seperti kalung lalu dikalungkan dileher.

Namun beberapa studi turut menemukan manfaat buah mengkudu dimana, buah ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal tersebut tentu tak terlepas dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada dibuah pace atau mengkudu.

Beberapa kandungan buah mengkudu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kta yakni Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Kalsium, Sulfut, Kalium, Fosfor, Asam Amino, dan beberapa komponen bioaktif lainnya yang bermanfaat untuk meingkatkan pengoptimalan sistem kesehatan di tubuh kita.

Kebanyakan masyarakat tanah air memang cenderung tak mengkonsumsinya secara langsung, hal ini lebih dikarenakan bau yang kurang sedap dari dagin buah mengkudu tersebut serta cenderung memiliki rasa yang getir. Masyarakat lebih memilih olahan seperti juss ataupun jenis olahan lainnya.

Meski memiliki bau yang kurang sedap, namun tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali kegunaan yang ternyata tak hanya buahnya saja melainkan daun dan tangkainya juga konon memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Lantas seperti apa manfaat buah mengkudu secara keseluruhan.

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Mampu Mengatasi Hipertensi

Manfaat buah mengkudu tak lain dan tak bukan dalah kemampuannya dalam menekan darah tinggi, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

Mampu Menyembuhkan Batuk

Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Mamu Mengatasi Masalah Pencernaan

Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.

Mampu Mengobati Sakit Kuning

Salah satu mitos dan didukung dari beberapa penilitian, manfaat buah mengkudu memang terbukti ampuh dalam mengobati penyakit kuning, bahkan saat ini banyak sekali beredar serbuk bubuk dari buah ini yang dapat digunakan dalam penyembuhan berbagai penyakit. Bahan yang diperlukan adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu.

Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Mampu Mengatasi kulit bersisik

Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk kecantikan, buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Sebagai Pengontrol Bakteri Dalam Tubuh

Mematikan bakteri penyebab infeksi dan juga sebagai pengotrol bakteri pathogen melalui zat anti bakteri yang terkandung didalamnya.\

Baca Juga, Manfaat Buah Kiwi


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *