7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan
7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak

7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

HarianLampung.co.id – 7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan. Tentunya bagi anda para penikmat buah sirsak sudah tak meragukan lagi akan kegunaan dari buah yang tumbuh subur diwilayah nusantara ini. Ya buah ini memang tak hanya memiliki rasa nikmat saja melainkan manfaat yang ditawarkan dari buah berduri ini memang begitu beragam.

Bahkan tanaman ini tak hanya menawarkan kenikmatan buah yang telah terbukti kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, [baca. manfaat buah sirsak], namun juga tumbuhan ini menawarkan bagian lain yang turut memiliki manfaat yang besar tentunya bagi tubuh kita salah satunya adalah daun sirsak.

Secara sekilas daun sirsak memang terlihat biasa saja dan cenderung tak ada bedanya dengan daun pada umumnya, namun tahukah anda jika sebenarnya daun sirsak memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh kita.

Daun sirsak memang lebih terkenal akan kemampuannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh, namun percayakah jika manfaat daun sirsak telah dikenal sejak dulu sebagai tanaman obat oleh para nenek moyang kita. Kini hal tersebut telah terbukti secara ilmiah melalui sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan yang menemukan beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Annona Muricata L ini memang dikenal dengan buah yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi, namun tak hanya buahnya daunya juga turut memiliki kemampuan dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Beberapa kandungan menakjubkan telah ditemukan didaun sirsak tersebut yang salah satunya mampu membunuh sel-sel kanker yang sangat mematikan.

Berikut beberapa manfaat daun sirsak yang konon sangat berguna dan berkhasiat ampuh dalam menyembuhkan beragam macam penyakit.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak

7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak

Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker

Manfaat daun sirsak yang pertama adalah keampuhannya dalam mencegah sel sel kanker masuk kedalam tubuh kita, daun sirsak memang bekerja dengen beberapa zat yang terkandung didalamnya sebagai pembunuh sel-sel kanker yang sangat membahayakan tubuh kita. Bahkan konon daun sirsak mampu menyembuhkan penyakit kanker 100 kali lipat dibanding obat pada umumnya maupun obat herbal lainnya.

Zat proaktif yang terkandung didalam daun sirsak memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, dan kebanyakan nenek moyang dahulu menggunakan daun sirsak dengan cara direbus lalu meminum air rebusan dari daun sirsak tersebut.

Mampu Mengobat Penyakit Wasir

Tak hanya mampu membunuh sel kanker, daun sirsak juga berkhasiat sebagai penyembuh penyakit wasir. Daun ini bekerja dengan menghambat darah yang keluar dari lubang pembuangan yang telah mengalami pembekakan. Tak heran jika daun ini menjadi salah satu daun yang sering digunakan oleh nenek moyang kita terdahulu sebagai salah satu bagian dari obat herbalnya.

Mampu Mengatasi Jerawat

Bagi anda para kaum hawa, mungkin tak menyadari jika daun sirsak juga turut memiliki kemampuan dalam urusan kecantikan. Taukah anda jika manfaat daun sirsak juga turut mampu mengatasi jerawat yang ada diwajah kita. Ya kini anda tak perlu repot-repot lagi mengeluarkan kocek dalam-dalam hanya untuk menghilangkan masalah jerawat karena hal tersebut mampu di atasi dengan menggunakan daun sirsak.

Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan menghaluskan daun sirsak dengan menggunakan tumbuk. Setelah halus, tambahkan air dan letakkan diwajah yang paling berpotensi tumbuh jerawat. Tunggu hingga kandungan meresap kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Ramuan ini banyak digunakan oleh orang zaman dahulu dalam menjaga kecantikannya.

Mampu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat memang menjadi problematikan kesehatan klasik bagi diri kita, hal tersebut lebih disebabkan pola makan yang banyak mengandung minyak, namun tahukan anda jika kolesterol jahat yang tinggi mampu diturunkan kadarnya hanya menggunakan daun sirsak?

Kandungan daun sirsak memang terbukti mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat yang ada ditubuh kita, hal tersebut didasarkan pada penelitian yang telah dilakukan dan terbukti memiliki beberapa kandungan dan zat yang salah satunya berguna untuk menyingkirkan kolesterol jahat.

Mampu Mengobat Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang seseorang akibat penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang berlebihan. Biasanya, purin banyak dikandung oleh buah belinjo. Bagi anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, tidak usah risau karena penyakit tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak. Cara memanfaatkannya adalah dengan membuat rebusan air daun sirsak kemudian meminumnya selagi hangat. Selain menyembuhkan penyakit asam urat, air rebusan daun sirih juga berkahasiat sebagai pencegah penyakit diabetes mellitus.

Manfaat daun sirsak memang begitu luar biasa, namun terkadang kita terlalu terlena dengan hal-hal yang sederhana bahkan lebih berfokus terhadap obat-obat yang jelas memiliki kandungan bahan kimia dan tentunya harga yang mahal. Lantas apakah ingin mencoba daun sirsak?


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *