Obat Radang Tenggorokan yang Alami
Obat Radang Tenggorokan

Obat Radang Tenggorokan yang Alami

Harianlampung.co.id – Penyakit radang tenggorokan setiap orang pasti akan mengalaminya, jika anda pilek pasti sebelum pilek fase yang pertama adalah peradangan pada bagian tenggorokan, saat randang tenggorokan maka tenggorokan akan sedikit nyeri ketika anda menelan makanan atau suatu hal yang lain seperti minum, ataupun hanya sekedar menelan ludah anda sendiri pasti akan terasa sedikit nyeri.

Radang Tenggorokan bisa terjadi karena disebabkan oleh virus, atau terdapat penyakit yang lain pula, seperti halnya sakit tenggorokan karena pilek, atau sakit tenggorokan jenis Strep Throat(Infeksi tenggorokan akibat kuman yang menyebabkan tenggorokan terasa gatal), ataujuga sakit tenggorokan Tonsiltis?

Lalu apakah perbedaan antara tiga jenis sakit tenggorokan diatas?

Sakit tenggorokan sering menjadi tanda pertama pilek. Namun sakit tenggorokan dengan pilek seringkali membaik atau hilang setelah hari pertama atau kedua. Gejala pilek lainnya seperti hidung berlendir dan mampat dapat menyertai sakit tenggorokan.

Strep throat merupakan infeksi akibat bakteri streptococcus, yaitu penyebab lain dari sakit tenggorokan dan tonsilitis. Pada strep throat, sakit tenggorokan seringnya lebih parah dan berlangsung lama.

Tonsilitis adalah peradangan atau infeksi amandel (yaitu jaringan massa yang terletak di bagian belakang tenggorokan) yang menyakitkan.

Gejala Dari Radang Tenggorokan :

  • Tenggorokan terasa sakit
  • Amandel membengkak dan berwarna merah. Terkadang ada bercak putih dan lapisan nanah pada amandel
  • Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  • Demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri atau bengkak pada sendi
  • Perut terasa sakit dan terkadang disertai dengan muntah

Bahan Alami untuk Obat Radang Tenggorokan :

Teh jahe + Madu

Untuk mengobati radang tenggorokan anda bisa mencampurkan beberapa bahan herbal, seperti halnya teh, jahe dan madu, bahan ini sangat ampuh untuk mengobati radang tenggorokan anda

Teh chamomile

Teh chamomile dipercaya ampuh dapat mengatasi atau mengobati radang tenggorokan, jika diminum secara rutin, maka radang tenggorokan akan segera sembuh, tambahkan madu jika perlu atau untuk menambah nikmat ramuan teh chamomile.

Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam

Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

Madu dan lemon

Madu merupakan bahan alami yang dapat mengobati penyakit apa saja, untuk itu madu juga bisa dapat anda campurkan didalam segelas air lemon hangat , air lemon sendiri juga baik untuk kesehatan tenggorokan anda.

Minum jus lemon tanpa gula

Selain lemon hangat ternyata jus lemon juga dapat mengatasi masalah pada tenggorokan anda, dan sebaiknya anda mengkonsumsi jus lemon 2 hari sekali untuk mempercepat proses penyembuhan

Makan bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan zat anti kuman alami yang tinggi, untuk itu anda bisa mencoba bahan alami yang satu ini untuk mengatasi radang tenggorokan anda.

Jus buah belimbing

Buah belimbing tak hanya segar dan nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga bermanfaat untuk mengobati sakit radang tenggorokan, oleh sebab itu tak ada salah jika anda menggunakan belimbing untuk obat alami dalam mengatasi sakit tenggorokan anda, ini akan mejadi nikmat jika buah belimbing kita buat minuman jus dan dicampurkan sedikit gula dan madu.

Nah bahan bahan diatas bisa anda gunakan tanpa ada efek samping yang berlebihan, daripada obat obat dengan penuh bahan kimia, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan banyak maka akan menimbulkan efek samping lainnya.


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *