Panglima TNI : Alutsista Tak Layak Pakai Akan di Istirahatkan

Panglima TNI : Alutsista Tak Layak Pakai Akan di Istirahatkan

Harianlampung.co.id – Panglima TNI Jenderal Moeldoko pastikan, pihaknya akan terus mengevaluasi seluruh alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang kini dimiliki TNI. Evaluasi ini tidak hanya didasari umur alutsista, namun juga termasuk kelayakan alutsista.

Seperti yang di tulis Kompas.com, “Kita lihat mulai tahun pembuatan. Evaluasi per tahunnya bagaimana. Kalau perlu diistirahatkan, ya diistirahatkan,” kata Moeldoko di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Menurutnya,  walaupun banyak alutsista TNI yang memiliki umur cukup tua, tidak sedikit pula yang berstatus masih layak pakai. Namun, tahung penggunaan akan tetap menjadi perhatian utama dalam hal evaluasi nantinya.

“Ada kelayakan, layak terbang, layak berlayar, itu ada poin-poinnya untuk dinilai. Jadi, bukan karena tahunnya, tetapi tahun memang menjadi atensi,” ujarnya.

Disamping dari itu, Jenderal Moeldoko enggan menyebutkan secara detail seperaba besar alutsista yang masih berfungsi dan mana yang tidak. Menurutnya, hal tersebut merupakan rahasia negara.

Terkait terjadinya insiden jatuhnya pesawat  Hercules C-130 sesaat setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015), sedang di investigasi dan hasil sementara diduga mengalami malafungsi pada bagian mesin kanan. Pesawat tersebut adalah buatan tahun 1961.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengungkapkan, setelah berhasil lepas landas, salah satu mesin kanan pesawat mengalami gangguan malafungsi. Hal tersebut, terlihat ketika pesawat yang terbang kearah kanan dengan ketinggian yang rendah.


Nuri Agustina on facebook
Nuri Agustina
Berawal dari banyaknya isu rasis yang berkembang dan saya alami dibangku sekolah, tentunya bayang-bayang akan perpecahan dikalangan masyarakat tanah air yang nota bene memiliki banyak sekali suku dan budaya seringkali menganggu jalan fikiran, hal tersebut yang mendorong saya untuk terus berkarya di kategori Nasional dengan harapan tak ada lagi isu seperti itu dan kembali membangkitkan semangat Nasionalisme.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *