Pasca Jatuhnya Pesawat Hercules, Pemerintah Akan Perbarui Alutsista
Pasca Jatuhnya Pesawat Hercules, Pemerintah Akan Perbarui Alutsista

Pasca Jatuhnya Pesawat Hercules, Pemerintah Akan Perbarui Alutsista

HarianLampung.co.id – Pasca jatuhnya Pesawat Hercules milik TNI AU di Medan, Sumatera Utara, Pemerintah melalui Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan Alutsista yang dimiliki oleh seluruh TNI akan di perbaraui dan juga terus melakukan evaluasi pasca kejadi tersebut.

Saat coba ditemui di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Jusuf Kalla menuturkan rencana pemerintah dalam memperbaharui alutsista yang dimiliki secara bertahap. “Pesawat ini memang sudah tua, bahkan hampir 50 tahun namun semuanya akan di retrofit sebanyak 20 pesawat Hercules. Nah, untuk pesawat angkut seperti CN itukan baru beli jadi belumlah, tuturnya.

Menurut dia, tentara Indonesia baru mulai membeli pesawat pada tahun 1950-an. Pada tahun 1960-an, masuklah pesawat Hercules. “Waktu zamannya Bung Karno dan zaman Jenderal Yusuf tahun 1960-an itu awal-awal Hercules,” sambung Kalla.

engenai asuransi bagi anggota TNI yang menjadi korban kecelakaan pesawat ini, Kalla menyatakan bahwa tidak ada asuransi bagi pesawat militer. Kendati demikian, pemerintah menyampaikan belasungkawa atas kejadian ini. Menurut laporan terakhir yang Kalla terima, puluhan prajurit TNI jadi korban kecelakaan tersebut.

Sejauh ini, Kalla belum berniat untuk meninjau langsung lokasi jatuhnya pesawat Hercules di Medan. Menurut perkiraan sementara, pesawat tersebut diduga jatuh karena masalah teknis.

“Ya namanya pesawat militer atau pesawat sipil bisa karena sebab teknis, manusia, atau alam. Namun, ini kelihatannya karena teknis. Saya baca laporannya, dia (pesawat) mau kembali,” ujar Kalla.


Nuri Agustina on facebook
Nuri Agustina
Berawal dari banyaknya isu rasis yang berkembang dan saya alami dibangku sekolah, tentunya bayang-bayang akan perpecahan dikalangan masyarakat tanah air yang nota bene memiliki banyak sekali suku dan budaya seringkali menganggu jalan fikiran, hal tersebut yang mendorong saya untuk terus berkarya di kategori Nasional dengan harapan tak ada lagi isu seperti itu dan kembali membangkitkan semangat Nasionalisme.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *