Polisi Tak Berhak Menilang Kendaraan Yang Pajaknya Telat
Polisi Tak Berhak Menilang Kendaraan Yang Pajaknya Telat

Polisi Tak Berhak Menilang Kendaraan Yang Pajaknya Telat

Harianlampung.co.id – Sudah biasa kita dengar, jika ada razaia lalulintas yang digelar pihak Kepolisian setempat, ada beberapa orang mengungkapkan sudah ketilang Polisi karena telat bayar pacak, dan harus membayar denta atau ikut sidang di Pengadilan setempat.

Yang menjadi pertanyaan kali ini adalah, apakah pihak kepolisian berhak menilang pemotor yang telat membayar pajak? sedangkan surat-surat yang dibawa lengkap?

Menurut informasi yang dilansir Otosia.com, Jawabannya tidak. Polisi tidak memiliki hak untuk melakukan penilangan terhadap pengendara atau warga hanya karena pajaknya ‘nunggak’ atau belum dibayarkan, karena hal tersebut nerupakan wewenang pihak Dispenda.

Polisi yang bertugas hanya bisa menegur atau menyarankan untuk segera membayar pajak yang menunggak, karena tidak ada dasar hukum bagi kepolisian untuk memberi tilang bagi keterlambatan atau penunggakan pajak.

Petugas kepolisian hanya bisa menegur/menyarankan untuk segera membayar pajak karena memang tidak ada dasar hukumnya bagi mereka untuk memberi tilang bagi keterlambatan tersebut.

Hal tersebut mengacu pada Undang-undang Lalulintas no.14 Tahun 1992, hanya pelanggaran yang menyangkut kelengkapan kendaraan termasuk surat-surat SIM dan STNK yang masih hidup/berlaku, lampu motor, lampu sein, dan seterusnya yang berhak ditindak oleh polisi dengan cara menilang.

Contoh kasus semisal si pengendara yang telat membayar pajak ini terkena razia di jalan umum namun semua surat dan kelengkapan kendaraan telah dipenuhi, polisi tidak bisa dan tidak berhak memberikan tilang.

Jikalau si oknum masih terus ngotot, Anda berhak menanyakan pasal dan nama si oknum hingga melaporkannya kepada yang berwenang dalam bentuk komplain resmi.


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *