Profil Biodata Pengacara Kondang Adnan Buyung Nasution
Pengacara Kondang Adnan Buyung Nasution Tutup Usia

Profil Biodata Pengacara Kondang Adnan Buyung Nasution

HarianLampung.co.id – Kabar meninggalnya Adnan Buyung Nasution yang dikenal sebagai pengacara kondang tersebut tentu mengagetkan sebagian kalangan, pasalnya sebelumnya guru aktivitis HAM ini dikabarkan tengah dalam keadaan baik-baik saja, namun informasi baru baru beredar Adnan tengah mengalami gangguan jantung dan ginjal sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Mengenal sosok Andan Buyung Nasution seperti yang dikutip HarianLampung.co.id dari BBC.com, Rabu (23 September 2015), Beliau adalah sosok yang dilahirkan di Jakarta, 20 Juli 1934, merupakan salah-seorang pengacara senior paling dikenal di Indonesia.

Buyung yang kerap dipanggil “Abang” juga dikenal sebagai aktivis dan ikut mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH).

Pada tahun 2007-2009, Adnan Buyung menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (watimpres) bagian Hukum di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dikenal pula sebagai advokat “penuh warna”, pria berambut pirang ini lantang membela kaum minoritas tertindas seperti kelompok Ahmadiyah saat menjabat anggota watimpres, namun di sisi lain dia memicu kontroversi karena menjadi pengacara tersangka korupsi Anas Urbaningrum dan Gayus Tambunan.

Pilihannya mendampingi Jenderal (purnawirawan) Wiranto terkait kasus dugaan pelanggaran HAM di Timor Timur pada tahun 2000 juga sempat dipertanyakan para pegiat HAM.

Di masa Presiden Suharto berkuasa, Buyung dikenal sering membela para korban pelanggaran HAM.

Mendiang juga pernah diperkarakan dengan pasal contempt of court, “menghina pengadilan” saat tampil sebagai pembela HR Dharsono dalam kasus Tanjung Priok 1984.

Lepas dari berbagai kontroversinya, pengacara flamboyan Adnan Buyung Nasution adalah sahabat dan guru bagi para aktivis pembela HAM dan demokrasi Indonesia.

#Adnan Buyung Nasution, Tutup Usia


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook