Resep Cara Membuat Cireng Renyah
Resep Cara Membuat Cireng Enak, Lezat dan Gurih

Resep Cara Membuat Cireng Renyah

HarianLampung.co.id – Resep Cireng memang menjadi salah satu pencarian yang paling populer di dunia kuliner. Ya siapa yang tak kenal akan cemilan khas dari bandung tersebut, pasalnya rasa renyah nan gurih memang menjadi ciri khas dari cireng.

Padahal bahan dan cara membuat cireng sebenarnya sangatlah mudah, namun bagaimana bisa rasanya begitu gurih dan renyah?. Yang pasti semua tergantung resep rahasia yang dimiliki oleh si pembuat.

Cireng memang sangat cocok dijadikan cemilan saat santai dan berkumpul, berbagi dalam kebersamaan. Untuk membeli cireng memang agak gampang-gampang susah, pasalnya banyak sekali para pecinta jajan nusantara yang memburunya, bahkan tak jarang sampai kehabisan stok.

Nah bagi anda yang ingin mencicipi cemilan khas bandung yakni cireng, ada baiknya mencoba membuatnya daripada membeli karena terkadang stok selalu kehabisan.

Resep Membuat Cireng

Resep Cireng Bandung

Resep Cireng Bandung

Bahan dasar membuat Cireng

    300 gram tepung aci (tapioka)1 batang daun bawang, iris tipistepung aci untuk taburan supaya tidak lengketminyak untuk menggoreng

Bahan biang Cireng

    100 gram tepung aci400 ml air1 sdm ketumbar, haluskan4 siung bawang putih, haluskangaram dan penyedap rasa secukupnya┬Ż sdt merica1 sdm minyak goreng

Cara Membuat Cireng

  • Siapkan panci, tuang 100 gram tepung aci lalu aduk dengan 400 ml air kemudian masukkan ketumbar dan bawang putih halus, garam, penyedap rasa, merica dan 1 sdm minyak goreng lalu aduk rata.
  • Masak dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan warnanya berubah menjadi bening, matikan api.
  • Masukkan irisan daun bawang kemudian aduk dan uleni adonan dengan sendok kayu sambil memasukkan 300 gram tepung aci sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk.
  • Bila adonan sudah tidak terlalu panas uleni dengan tangan agar adonan merata sempurna.
  • Bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih lalu taburi dengan sedikit tepung aci agar tidak lengket.
  • Setelah itu goreng adonan cireng dengan minyak panas di atas api kecil, bolak-balik agar matang merata lalu angkat dan tiriskan.
  • Perlu diingat bahwa apabila minyak terlalu panas sebaiknya matikan api terlebih dahulu.
  • Pengalaman saya, penggunaan minyak yang terlalu panas membuat cireng menjadi tidak merata sempurna dan kurang mengembang.

 


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *