Takut Sakit Ginjal? ini cara pencegahannya
Mencegah Sakit Ginjal

Takut Sakit Ginjal? ini cara pencegahannya

Harianlampung.co.id – Begitu banyak penyakit yang berpotensi menyerang manusia, ini biasanya dialami oleh orang-orang yang memiliki pola hidup yang kurang sehat, penyakit akan hinggap ketika daya tahan tubuh manusia sudah mulai melemah dikarenakan tidak ada perawatan kesehatan oleh seseorang tesebut, dan jika sudah parah maka akan mengakibatkan kelumpuhan sebuah organ dalam bekerja.

Termasuk penyakit yang satu ini, yaitu terjadinya sakit ginjal pada seseorang, sakit ginjal terjadi bisa diakibatkan karena beberapa faktor, tetapi biasanya ini terjadi karena pola hidup yang kurang sehat seperti, jarang mengkonsumsi air mineral dan banyak mengkonsumsi minuman bersoda, jika dilakukan terus menerus maka akan mengakibatkan penumpukan gram pada ginjal karena tidak dapat di olah oleh ginjal itu sendiri, dan inilah yang nantinya akan menjadi batu ginjal.

Tidak mau kan seperti itu, berikut beberapa cara pencegahan agar anda tidak diginggapi penyakit yang satu ini

1. Hindari Dehidrasi dan Optimalkan hidrasi

Tubuh sangat membutuhkan cairan dari air mineral, jika anda sampai mengalami dehidrasi maka tubuh akan sulit untuk melakukan metabolisme, dan ini sangat berbahaya tentunya jika berlangsung lama, dan hidrasi ini sangat penting karena memegang peran penting dalam mencegah sakit ginjal, karena ketika tubuh memiliki cairan yang cukup maka ginjal akan bekerja lebih ringan.

Menurut dr. Julio Davalos, kepala endourologi dan penyakit batu ginjal di University of Maryland, kurangnya asupan air putih bisa mengganggu kualitas mineral lain dalam tubuh.

“Ragam mineral yang kita konsumsi seperti kalsium, oksalat, fosfat, dan asam urat akan berubah menjadi kristal, dan berpotensi menyebabkan bantu ginjal, ketika air dalam tubuh kita tidak cukup,” ujarnya.

2. Kurangi konsumsi garam

Sayur tanpa garam memang seperti taman tanpa bunga, sebenarnya boleh-boleh saja mengkonsumsi garam tetapi yang tidak boleh adalah mengkonsumsinya secara berlebihan. Rata-rata setiap orang mengkonsumsi garam sebanyak 5.000 mg dalam sehari, padahal seharusnya hanya berkisar 2.300 mg saja per hari.

Lalu apa hubungannya? mengkonsumsi garam berlebihan dapat memicu batu ginjal pada seseorang, selain itu juga dapat menimbulkan obesitas, untuk kesehatan sebaiknya  batasi mengkonsumsi garam pada angka 1.500 mg saja perhari, terutama anda bsia mengurangi makanan yang asin karena mengandung kadar garam yang tinggi.

Konsumsi garam yang berlebihan inilah, yang kemudian bisa memicu munculnya batu ginjal. Untuk semakin memerkecil kemungkinan terkena penyakit ini, batasi konsumsi garam pada angka 1.500 mg sehari, dengan mengurangi makanan yang asin dan mengandung kadar garam tinggi.

3. Periksakan diri anda

Jika memang ada yang aneh pada tubuh anda, sebaiknya anda segera melakukan checkup kesehatan di klinik terdekat, apalagi terasa kurang nyaman pada bagian punggung belakang atau terasa nyari selama berhari-hari bisa jadi itu indikasi ginjal anda kurang sehat atau ada organ lain yang kurang sehat, pencegahan sejak dini akan mencegah kerusakan organ tubuh lebih parah di hari kemudian


Ragil wk on facebook
Ragil wk
"Kita tidak bisa hidup sendiri :)"
Semua hal yang pasti, memiliki ketentuan yang pasti pula.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *